Advertisement

Bantul Segera Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng, 1.500 Liter Dikucurkan

Catur Dwi Janati
Senin, 10 Januari 2022 - 09:37 WIB
Budi Cahyana
Bantul Segera Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng, 1.500 Liter Dikucurkan Ilustrasi minyak goreng. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Harga minyak goreng masih bertahan tinggi. Guna mengendalikan harga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul segera menggelar operasi pasar (OP) minyak goreng. Rencananya, 1.500 liter minyak goreng dengan harga murah bakal dikucurkan kepada warga Bantul.

Kabid Sarana Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Arum Bidayati menjelaskan belum ada skema subsidi minyak goreng melalui APBD Bantul. Namun pada 2022 ini OP minyak goreng bakal digelar. "Kami mendapatkan tawaran untuk melaksanakan operasi pasar murah khusus minyak goreng. Volumenya sekitar 1.500 liter," ujarnya, Minggu (9/1/2022).

Advertisement

Rencananya, minyak goreng murah akan disalurkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Nantinya, satu kepala keluarga hanya diperbolehkan membeli minyak goreng maksimal dua liter. "Sasarannya langsung ke pengguna atau keluarga, bukan ke pedagang. Untuk kepastian alokasi kami masih menunggu informasi dari Disperindag DIY," katanya.

Berdasarkan pantauan Dinkop UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul, harga minyal goreng di pasar rakyat rata-rata mencapai Rp21.500 per liter. Sementara untuk kemasan dua liter dibanderol Rp41.000 - Rp42.000 per dua liter.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan kenaikan harga minyak goreng dipicu oleh harga bahan baku yang tinggi. "Pemerintah menaruh perhatian yang serius dengan kondisi [mahalnya harga minyak goreng] ini," ujarnya.

Besaran jumlah minyak goreng yang akan didistribusikan dalam operasi pasar kemungkinan akan disesuaikan kebutuhan pemakaian di masing-masing kabupaten/kota. Nantinya Pemerintah Pusat melalui Pemda DIY dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) akan mendistribusikan minyak goreng murah. "Pemerintah mengeluarkan kebijakan operasi pasar tetapi lewat Aprindo. "Harapannya operasi pasar ini bisa membantu masyarakat dengan minyak goreng yang harganya lebih murah," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement