Advertisement

Pelestarian Budaya adalah Tugas Kita Semua

Sirojul Khafid
Kamis, 20 Januari 2022 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Pelestarian Budaya adalah Tugas Kita Semua Suasana audiensi Harian Jogja ke Kantor Disbud Kota Jogja, Kamis (20/1). (Harian Jogja - Sirojul Khafid)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelestarian budaya merupakan tugas semua pihak, termasuk pemerintah dan media massa. Hal ini dipahami bersama oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan Kota Jogja dan Harian Jogja melalui pertemuan kedua pihak, Kamis (20/1/2022).

Beberapa perwakilan bidang dari Disbud Jogja menyampaikan beberapa informasi program yang sudah, sedang, dan akan mereka kerjakan. Mulai dari sejarah, tradisi, adat, warisan budaya, sastra dan bahasa sampai pembentukan kelurahan budaya.

Advertisement

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Ismawati Retno Wigiarti mengatakan Disbud Jogja berupaya melestarikan budaya dengan juga mendekatkan pada generasi muda. Berbagai sajian yang disesuaikan dengan perkembangan zaman diharapkan bisa menyentuh lapisan anak-anak generasi penerus.

"Program ini digelar dengan berbagai model, termasuk pertunjukan, kompetisi, dan sebagainya. Adapun jumlah peserta kompetisi Bahasa dan Sastra tahun ini cukup tinggi, mencapai 382 peserta. Kami terus berupaya merangkul anak usia muda, termasuk dalam kehidupan sehari-hari," kata Isma.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono mengatakan apabila di koran Harian Jogja sempat ada satu halaman dengan bahasa Jawa. Ini bentuk dukungan dalam pelestarian budaya melalui kanal media.

"Ini bentuk keprihatinan bersama, kalau generasi kita saat ini semakin tergerus budaya luar. Nilai pemahaman filsafat Jawa juga semakin hilang di masyarakat saat ini, termasuk di generasi muda. Pelestarian budaya bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi juga media," kata Anton.

Dengan kolaborasi pemerintah dan media dalam menyebarluaskan informasi tentang budaya, harapannya nilai-nilai ini semakin mengakar di masyarakat.

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapan Kantor Pemerintah Pindah ke IKN? Ini Kata Luhut

News
| Senin, 23 Mei 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement