Advertisement

Jalan ke TPST Piyungan Ditutup Lagi, Sampah di Jogja Terancam Menumpuk

Ujang Hasanudin
Kamis, 20 Januari 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Jalan ke TPST Piyungan Ditutup Lagi, Sampah di Jogja Terancam Menumpuk Antrean truk pengangkut sampah mengular di sepanjang jalan menuju TPST Piyungan pada Kamis (20/1/2022) siang. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULSampah di Jogja dan sekitarnya terancam menumpuk lagi karena jalan menuju Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan ditutup lagi oleh warga Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul. Warga menganggap TPST tersebut sudah penuh dan tidak layak menjadi tempat pembuangan sampah.

Juru Bicara Warga Sekitar TPST Piyungan, Maryono, mengatakan penutupan akses masuk TPST Piyungan dilakukan mulai Kamis (20/1/2022) siang, sekitar pukul 11.00 WIB. Penutupan tersebut dilakukan sebagai buntut antrean truk pengangkut sampah sejak dua pekan lalu.

Advertisement

BACA JUGA: TPST Piyungan Tutup 2 Hari, Sampah di Kota Jogja Menumpuk

“Warga merasa terganggu sehingga jalan ditutup,” kata Maryono, Kamis (20/1/2022) sore.

Maryono mengatakan antrean truk pengangkut sampah sampai 1,5 kilometer karena dermaga pembuangan sampah sudah penuh. Bahkan ada truk membuang sampah di bahu jalan yang biasa menjadi lalu lalang warga sekitar sehingga menganggu warga.

Selain dermaga pembuangan sampah sudah penuh, jalur masuk TPST Piyungan dari timbangan sampai dermaga banyak berlubang dan belum diperbaiki.

Tidak hanya itu, air hujan dari lokasi pembuangan yang seharusnya masuk selokan tertutup sampah sehingga limbah air sampah masuk ke jalan sehingga jalan becek. Maryono tidak mengetahui sampai kapan penutupan itu dibuka kembali.

BACA JUGA: Sampah Tak Terangkut 4 Hari, TPST Piyungan Akan Dibuka Kembali

Menurutnya, persoalan tersebut sudah sering terjadi tetapi tidak pernah ada respons memuaskan dari pemerintah, kecuali hanya pemadatan tumpukan sampah dengan tanah.

“Ini persoalannya tempat pembuangan sampah sudah penuh, sudah tidak layak tapi dipaksakan,” beberapa waktu lalu, sampah menumpuk di sejumlah permukiman di Jogja, Sleman, dan Bantul, sebagai ekses penutupan TPST Piyungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement