Advertisement

Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja

Yosef Leon
Senin, 24 Januari 2022 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja Musrenbangkel Pemerintah Kelurahan Suryatmajan, Kemantren Danurejan. - Dok. Humas Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kelurahan Suryatmajan Kemantren Danurejan berencana membangun area wisata dengan konsep perpaduan atraksi seni dan budaya di kawasan setempat. Rencana ini muncul dalam musyawarah rencana pembangunan kelurahan (musrenbangkel) yang digelar belum lama ini.

Lurah Suryatmajan, Weda Satiya Negara, mengatakan area wisata ini dinamai Plataran Niyaka Cokro yang berlokasi di Kampung Cokrodirjan. Ia menyebut pembangunan ini sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh kampung tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk!

“Nantinya bakal ada panggung untuk ekspresi dan apresiasi seni budaya sekaligus menarik wisatawan berkunjung, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara luas,” katanya dikutip dari situs resmi Pemkot Jogja, Senin (24/1/2022).

Weda menjelaskan potensi seni dan budaya di Kampung Cokrodirjan yang menonjol adalah kesenian tradisional berupa karawitan dan juga memiliki bregodo yang dinamakan bregodo Cokrodirjo.

Wisata seni dan budaya itu bisa diintegrasikan dengan beragam potensi lain dari kampung yang ada di wilayah setempat. Misalnya Kampung Jambu, kawasan pedestrian Kali Code, kawasan kuliner, jalur sepeda, kampung budaya dan lainnya.

BACA JUGA: 14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja

“Berbagai potensi ini akan diintegrasikan dengan potensi di kampung lain di Kelurahan Suryatmajan. Nantinya wisatawan bisa menikmati berbagai potensi yang ada dan menggerakkan ekonomi lokal,” kata Weda.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi sangat mengapresiasi konsep pembangunan di Kelurahan Suryatmajan. Ia berharap pengembangan konsep kampung wisata seni dan budaya ini dapat menambah kesejahteraan masyarakat Kelurahan Suryatmajan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement