Advertisement

Covid-19 Meledak, Kasus Aktif di Kota Jogja Naik 70 Kali Lipat

Newswire
Kamis, 10 Februari 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Covid-19 Meledak, Kasus Aktif di Kota Jogja Naik 70 Kali Lipat Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi di Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (19/8/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jogja menyebut kasus aktif mengalami peningkatan yang cukup cepat dalam dua pekan terakhir, yaitu mencapai sekitar 70 kali lipat.

“Dalam waktu dua pekan terakhir, ada peningkatan kasus yang cukup cepat dan terjadi pergeseran temuan kasus dari awalnya pelaku perjalanan menjadi penularan keluarga,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Jogja, Kamis (10/2/2022).

Advertisement

Menurut dia, laju pertumbuhan kasus aktif yang cukup cepat tersebut, perlu diimbangi dengan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan penguatan pengawasan dari lingkungan melalui Posko PPKM Mikro berbasis RT.

BACA JUGA: Ladies, Jangan Pernah Mau Mengejar Lelaki! Alasannya Masuk Akal

“Varian Omicron memiliki karakteristik penularan yang cepat meskipun tingkat keparahan tidak tinggi. Tetapi, bagi penderita komorbid atau imun lemah bisa meningkatkan keparahan. Jadi, tetap perlu diwaspadai,” katanya.

Heroe meminta seluruh Posko PPKM Mikro diaktifkan kembali untuk membantu melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat.

Selain itu, juga dilakukan pelacakan yang lebih luas sesuai potensi kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif.

“Biasanya dari satu kasus bisa dilakukan pelacakan kepada lebih dari 30 orang. Jumlah pelacakan ini pun disesuaikan dengan kontak erat pasien,” katanya.

Meskipun terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi, Heroe menyebut tidak ada kelurahan di Kota Yogyakarta yang masuk dalam kategori zona merah.

Dari 45 kelurahan, tiga kelurahan masuk zona oranye, tiga kelurahan zona hijau dan sisanya masuk zona kuning.

“Keterisian selter dan BOR di rumah sakit pun masih mampu menampung pasien, karena sekitar 85 persen pasien tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Jumlah selter penanganan pasien juga akan ditambah, sehingga di Kota Yogyakarta nantinya ada tiga selter isolasi, yaitu di Tower Satu dan Dua Rusunawa Bener serta di Rusunawa Gemawang.

Pada Kamis (10/2/2022), terdapat tambahan 149 kasus baru COVID-19 di Jogja dengan satu pasien dinyatakan sembuh atau selesai isolasi dan tidak ada pasien meninggal dunia. Sehingga, di Kota Yogyakarta saat ini terdapat 595 kasus aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement