Advertisement

Ini Jadwal Pencairan BLT Dana Desa untuk Warga Sleman

Abdul Hamied Razak
Kamis, 10 Februari 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Jadwal Pencairan BLT Dana Desa untuk Warga Sleman Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi penerima manfaat masih menunggu pencairan dana dari Pusat. Diperkirakan DD baru dicairkan antara akhir Februari hingga awal Maret mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Sleman Samsul Bakri mengatakan anggaran dana desa sampai saat ini masih dalam proses pencairan. Tahun ini, alokasi dana desa untuk Sleman sebesar Rp105,1 milair. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar Rp5 miliar dibandingan alokasi dana desa tahun 2021 lalu.

"Tahun kemarin besaran dana desa sebesar Rp110,5 miliar. Penerimaan dana desa di masing-masing kalurahan turun antara Rp150 juta hingga Rp200 juta," katanya, Kamis (10/2/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berdasarkan Peraturan Presiden No.104/2021, sebesar 40% dana desa dialokasikan untuk penyaluran BLT bagi warga terdampak. Samsul mengatakan, DPMK sudah berkirim surat kepada BKAD Sleman terkait proses pencairan Dana Desa tersebut. Pasalnya, Sleman saat ini menerapkan PPKM level 3. "Ketika sudah cair, kalurahan harus melaksanakan semua program dana desa, termasuk penyaluran BLT," katanya.

Pencairan dana desa masih dilakukan dalam tiga termin. Besaran dana desa untuk tahap pertama dicairkan sebesar 50% dari total dana desa yang diterima. Termin kedua pencairannya sebesar 30% dan termin terakhir 20%. "Sasaran penerima BLT sudah ditetapkan oleh masing-masing kalurahan melalui Musyawarah Kalurahan Khusus BLT-DD," katanya.

BACA JUGA: Setelah Relokasi PKL, Pemkot Jogja Bakal Ubah Lagi Wajah Malioboro, Seperti Apa?

Muskalkus tersebut digelar sesuai dengan surat edaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Sleman No.412/004 tahun 2022 yang mewajibkan setiap kalurahan di Sleman untuk mengadakan Muskalkus BLT-DD.

Terpisah, Ketua Paguyuban Perangkat Desa Suryo Ndadari, Gandang Hardjanata mengatakan hingga kini pemerintah kalurahan di DIY masih menunggu pencairan Dana Desa untuk tahun ini. "Belum ada informasi kapan [DD] cair. Biasanya kalau tidak akhir Februari ya awal Maret," katanya.

Lurah Tamanmartani, Kapanewon Kalasan ini berharap agar DD bisa secepatnya cair agar penyaluran BLT DD bisa segera dilakukan. "Masing-masing kalurahan sudah menetapkan besaran BLT DD termasuk penerima manfaatnya. Yakni, 40% dari total dana desa yang diterima," kata Gandang.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Investigasi: Ini Kesalahan Fatal Panpel Arema FC dalam Tragedi Kanjuruhan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement