Advertisement

Lahan Tol Jogja Solo yang Lewati Ring Road Utara Segera Diidentifikasi

Abdul Hamied Razak
Kamis, 17 Februari 2022 - 08:27 WIB
Budi Cahyana
Lahan Tol Jogja Solo yang Lewati Ring Road Utara Segera Diidentifikasi Ilustrasi jalan tol - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Lahan Tol Jogja Solo yang melewati Ring Road Utara segera diidentifikasi.

Ring Road Utara masuk dalam rencana Tol Jogja Solo Seksi 2 yang membentang dari Purwomartani sampai Gamping. Sosialisasi pengadaan tanah untuk seksi tersebut mulai digelar. Seluruh kalurahan terdampak pembangunan jalan tol akan mendapatkan sosialisasi secara pararel.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Peta Tol Jogja Bawen yang Dibangun Bulan Depan, Kebanyakan Melayang di Atas Selokan

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo wilayah DIY, Dian Hardiyansyah, mengatakan sosialisasi mulai digelar awal pekan ini dan melibatkan perangkat kalurahan di tiga kalurahan.

“Kami gelar kegiatan sosialisasi pelaksanaan pengadaan tanah kepada perangkat kalurahan dan kecamatan. Baru tiga kalurahan,” katanya, Rabu (16/2/2022).

Ketiga kalurahan tersebut meliputi, Tirtoadi dan Tlogoadi (Mlati) serta Trihanggo (Gamping). Dian mengharapkan perangkat kalurahan dan padukuhan mengabarkan rencana pengadaan lahan Tol Jogja Solo kepada warga terdampak.

“Sosialisasi ini arahnya sudah langsung ke teknis pelaksanaan inventarisasi dan identifikasi yang akan dimulai awal pekan depan dan ditarget selesai awal Maret,” ujar Dian.

Berdasarkan data awal Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, di Tirtoadi rencananya terdapat 561 bidang yang terdampak pembangunan jalan tol. Di lokasi ini akan dibangun jembatan junction yang menghubungkan tiga trase jalan tol, yakni Tol Jogja Solo, Tol Jogja Bawen serta Tol Jogja YIA.

Total luas lahan sawah terdampak 384 bidang sementara lahan permukiman sebanyak 153 bidang. Tanah kas desa yang terdampak sebanyak 22 bidang.

BACA JUGA: Jadwal Operasi Tol Jogja-Solo, Ruas Ring Road Digarap Terakhir

Di Tlogoadi, berdasarkan data Dispertaru DIY jumlah bidang terdampak pembangunan jalan tol sebanyak 181 bidang. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol di desa ini sekitar 12,7 hektare. Di Trihanggo lahan yang terdampak hanya 64 bidang.

Corporate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur Ahmad Izzi mengatakan lahan Tol Jogja Solo untuk seksi 1 paket 1.1 yang dibebaskan sebanyak 74,09% sementara untuk seksi 1 paket 1.2 sebanyak 11,49%.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement