Advertisement

Soal Penyekatan di DIY, Sultan: Susah Ajak Masyarakat Kembali ke Level 3

Sunartono
Senin, 21 Februari 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Soal Penyekatan di DIY, Sultan: Susah Ajak Masyarakat Kembali ke Level 3 Petugas memeriksa kendaraan bernopol Jakarta dalam operasi penyekatan larangan mudik di Pos Wirobrajan, Kota Jogja, Minggu (9/5/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan kebiasaan masyarakat saat diberikan kebebasan di PPKM Level 2 membuat penerapan PPKM Level 3 sedikit terkendala.

Ditanya soal kelanjutan wacana penyekatan di wilayah DIY, Sultan HB X menyatakan akan melihat perkembangan kasus Covid-19 di DIY. Karena saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan kebebasan saat level 2, sehingga terasa berat ketika harus menerapkan ke PPKM Level 3.

Advertisement

“Nanti kita lihat perkembangannya, karena masyarakat ini pindah dari kebebasan Level 2 ke Level 3 le balik rodo rekoso [susah untuk kembali ke perilaku level 3],” kata Sultan, Senin 921/2/2022).

Sultan mengimbau kepada seluruh warga DIY agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan berharap DIY dapat melalui kondisi pandemi ini. “Yang penting prokes, pakai masker, kalau itu bisa dilalui bisa turun, tetapi kalau meningkat terus kita tidak bisa diprediksi sampai berapa ribu [kasusnya] kan kita tidak tahu,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Covid-19: 5 Warga DIY Meninggal Dunia dalam 24 Jam

Sebelumnya pada Jumat (18/2/2022) lalu HB X mengungkapkan wacana penyekatan di wilayah DIY. Menurutnya, jika ingin mengurangi kasus harus melakukan penyekatan di jalan, karena tidak ada pilihan lain jika kasus Covid-19 ingin segera turun. Oleh karena itu jika opsi penyekatan itu dipilih maka sebaiknya masyarakat jangan mengeluh.

“Tidak ada pilihan, jadi nanti kalau [penyekatan] itu kita lakukan ya, masyarakat jangan mengeluh, ya kan. Karena dengan sekatan-sekatan yang ada itu harapannya mengurangi mobilitas masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement