Advertisement

Jalan Polisi Istimewa Buntu & Pendek, Ada Kaitan dengan Jembatan Misterius?

Sunartono
Kamis, 24 Februari 2022 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jalan Polisi Istimewa Buntu & Pendek, Ada Kaitan dengan Jembatan Misterius? Kawasan Jalan Polisi Istimewa, Umbulharjo, Kota Jogja, Kamis (24/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Jika anda melihat Google Map Jalan Polisi Istimewa pasti akan menemukannya di wilayah Muja Muju, Umbulharjo, Kota Jogja. Jalan ini kemungkinan termasuk jalan terpendek di Jogja. Selain itu buntu oleh perumahan dengan jarak tak lebih 100 meter dari jembatan misterius yang melintasi Sungai Gajah Wong.

Jalan Polisi Istimewa diperkirakan hanya memiliki panjang sekitar 50 meter. Membentang dari simpang empat APMD di sisi barat lalu ke timur. Kondisi infrastruktur jalannya pun sudah termasuk kategori jalan perkotaan dengan lebar di atas 7 meter. Dahulu jalan ini diberikan papan nama dengan tulisan Jl. Polisi Istimewa. Akan tetapi seiring adanya pembaruan tulisan sejumlah papan-papan jalan di Jogja, papan nama Jl. Polisi Istimewa itu tak lagi ada.

Advertisement

Meski tidak ada papan nama, namun jalan ini sudah dikenal masyarakat luas dengan Polisi Istimewa. Ada beberapa kantor lembaga di jalan tersebut juga menuliskan identitas lokasi sebagai Jalan Polisi Istimewa.

Baca juga: Tak Jauh dari Jembatan Misterius Ada Terowongan Telu Gajah Wong

Pada ujung timur jalan ini buntu karena ada perumahan warga. Kemudian ada ruas yang berbelok ke kanan menuju ke Perumahan APMD Jalan Ganesha dan ke kiri atau utara di Jalan Rukun Pertiwi. Menariknya, jalan ini buntu dan pendek dengan kondisi infrastruktur yang bagus sejak dahulu. Namanya pun menarik, Polisi Istimewa sebagai salah satu cikal bakal dari Kepolisian Republik Indonesia.

Jalan ini hanya berjarak tak lebih dari 100 meter dari jembatan misterius di Gajah Wong yang tidak pernah dilintasi kendaraan bermotor selama 25 tahun. Meski posisi jembatan itu agak sedikit serong ke utara dari lokasi jalan tersebut. Belum diketahui secara pasti, apakah ada kaitan antara Jalan Polisi Istimewa yang akhirnya buntu ini dengan jembatan misterius yang mangkrak dan tidak pernah dilalui kendaraan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement