Advertisement

Rumah Mewah Warga Terdampak Tol Jogja di Sleman Mulai Berdiri Setelah Terima Uang Ganti Rugi

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 25 Februari 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Rumah Mewah Warga Terdampak Tol Jogja di Sleman Mulai Berdiri Setelah Terima Uang Ganti Rugi Lahan warga di Dusun Sanggrahan, yang bangunannya telah dibongkar karena terdampak Tol Jogja-Bawen-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga terdampak tol Jogja yang telah menerima ganti mulai membangun rumah mewah pasca-diberikannya uang ganti rugi.

Pengukuran lahan tol Jogja mulai dilakukan di Sleman, khususnya di Desa Tirtoadi dan Tlogoadi (Kecamatan Mlati). Pengukuran juga akan dilakukan di Desa Trihanggo (Kecamatan Gamping).

Carik Desa Trihanggo, Gamping Ridhan Wahyuti mengatakan masih menunggu penjadwalan pengukuran lahan. "Satgas A ada 13 tim, masih bergerak di Tirtoadi dan Tlogoadi," katanya, Kamis (24/2/2022) kepada Harianjogja.com.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Lahan terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Solo di Trihanggo hanya 60 bidang. Selain itu, lahan terdampak lebih banyak lahan sawah dan hanya beberapa bangunan milik warga.

BACA JUGA: Ikut Bertempur ke Medan Perang Melawan Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Ternyata Mantan Artis Komedian

"Kalau dibandingkan Tlogoadi 180-an bidang dan Tirtoadi 580-an bidang. Lokasi di Trihanggo banyak area persawahan, jadi tidak terlalu sulit diukur," katanya. 

Beruntung, kata dia, proses indentifikasi dan pengadaan lahan dinilai mudah. "Ya harapannya pembangunan tol ini bisa bermanfaat di masyarakat. Kalau ada rest area di sini juga lebih baik," katanya.

Lurah Tirtoadi, Mlati, Mardiharto mengatakan saat ini sedang dilakukan pengukuran lahan tol Jogja Solo seksi 2. Ia belum mengetahui jumlah pasti lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tol tersebut. 

Hanya saja, luas lahan yang paling banyak terdampak pembangunan jalan tol di Tirtoadi berada di Dusun Sanggrahan. Di dusun ini, katanya, hampir satu padukuhan yang lahannya terkena pembangunan jalan tol. Baik trase Jogja Bawen maupun Jogja Solo. 

Advertisement

Di daerah ini, juga terlihat sudah banyak rumah baru yang dibangun warga terdampak. Rumah itu dibangun setelah warga menerima uang ganti rugi tol Jogja

Rumah itu berlokasi tak jauh dari lokasi tanah mereka yang tergusur tol. Sepengamatan Harianjogja.com,

sebagian bangunan baru berdiri megah dengan halaman yang luas.

Advertisement

”Yang dulu punya rumah lama, sekarang rumahnya baru. Saya belum menerima aduan warga terdampak yang masih kesulitan mendapatkan lahan pengganti," kata Mardiharto.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement