Advertisement

Kunjungan Merosot, Pariwisata di Sleman Mulai Goyah

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 26 Februari 2022 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Kunjungan Merosot, Pariwisata di Sleman Mulai Goyah Suasana di depan Taman Kaliurang, Sleman, Kamis (26/11/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Penerapan PPKM Level 3 sejak awal Februari lalu mulai berdampak pada sektor Pariwisata di wilayah Sleman. Berbagai destinasi wisata mengaku jumlah kunjungan wisatawan sejak PPKM Level 3 menurun hingga 50%.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Suparmono mengatakan penerapan PPKM Level 3 mulai berdampak pada sektor pariwisata. Berdasarkan hasil monitoring Dispar di sejumlah destinasi wisata, katanya, angka penurunan kunjungan wisatawan bervariatif antara 20% hingga 50%.

"Misalnya, angka kunjungan wisatawan di Kaliurang dibanding sebelum diberlakukanya Level 3 turun sekitar 45% dari rata-rata perhari 1500an pengunjung di bulan Januari turun menjadi 800an pengunjung pada bulan Februari," kata Suparmono, Jumat (25/3).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Corona Meluas, Camat Bantul Terbitkan Aturan Soal Hajatan

Selain itu, Wisata alam Bunker Kaliadem dari rata-rata perhari 900an pengunjung turun sekitar 50% dengan angka kunjungan rata-rata 450an perhari. Untuk destinasi wisata daerah Sleman barat, Studio Alam Gamplong tempat pengambilan gambar film Satria Dewa Gatotkaca yang akan segera rilis juga mengalami penurunan sekitar 47%.

"Kalau saat kunjungan di Januari perhari pada range 650an, selama PPKM level 3 rata-rata perhari 330an pengunjung," katanya.

Penurunan kunjungan tidak hanya terjadi di destinasi wisata sebelah Utara dan Barat, destinasi di wilayah Sleman timur seperti wisata alam Tebing Breksi juga terjadi penurunan. Hanya saja, kata Suparmono jumlah penurunan kunjungan wisatawan tidak sebesar destinasi-destinasi lainnya. 

"Penurunannya sekitar 30% dari kunjungan rata-rata 1.400 pengunjung perhari menjadi sekitar 1.000 pengunjung perhari," katanya.

Waspadai Weekend

Advertisement

Meskipun mengalami penurunan kunjungan, Dispar tetap mengingatkan agar pelaku wisata tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan PPKM Level 3. Hal itu dilakukan agar penyebaran Covid-19 tidak terus mengalami peningkatan. 

"Pergerakan pariwisata long weekend Februari besok, harus tetap disikapi oleh seluruh pengelola destinasi maupun pelaku usaha jasa pariwisata (UJP) Sleman untuk selalu waspada terkait potensi paparan Covid 19 varian apapun," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 59 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement