Advertisement

Bulan Ini, Tiap Padukuhan di Bantul Dapat Kucuran Rp50 Juta

Ujang Hasanudin
Rabu, 02 Maret 2022 - 08:27 WIB
Budi Cahyana
Bulan Ini, Tiap Padukuhan di Bantul Dapat Kucuran Rp50 Juta Ilustrasi dana padukuhan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bulan ini, tiap padukuhan di Bantul akan mendapat kucuran dana Rp50 juta.

BACA JUGA: Malioboro Akan Diubah Jadi Galeri Seni Terpanjang di Tanah Air

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Bantul memastikan dana alokasi untuk tiap padukuhan Rp50 juta mulai dicairkan bulan ini sesuai dengan proposal yang masuk dari perdukuhan melalui kalurahan masing-masing.

Total ada 46,5 miliar dana padukuhan yang akan dicairkan.“Ini sedang proses pencairan, kami targetkan bulan ini sudah bisa dicairkan semua untuk digunakan oleh masing-masing perdukuhan,” kata Kepala DPMK Bantul, Sri Nuryanti, saat ditemui di Komplek Pemerintahan Kabupaten Bantul, Selasa (1/3/2022).

Sri Nuryanti mengatakan proses pencairan dana perdukuhan akan dilakukan secara bertahap atau tidak diberikan semua Rp50 juta, melainkan dua tahap, yakni 60% tahap pertama dan 40% tahap kedua sesuai dengan kemampuan keuangan dan juga melihat hasil kinerja pemberdayaan dari dana tahap awal.

Sri Nuryanti mengatakan dana padukuhan tahun ini merupakan hasil pengajuan musyawarah tingkat perdukuhan pada 2021 lalu. Terdapat empat bidang pemanfaatan dana perdukuhan, yakni infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup. Untuk infrastruktur di antaranya pembangunan jalan cor blok dan sebagainya.

Sementara, bidang pendidikan terkait peningkatan kapasitas tenaga pendidikan anak usia dini (PAUD) sekaligus peningkatan sarana dan prasarana pendidikan tersebut. Sementara kesehatan terkait peningkatan sarana dan prasarana posyandu serta penanganan stunting. Adapun bidang lingkungan hidup adalah kaitannya pengadaan sarana prasarana serta dukungan pengurangan sampah untuk mendukung Bantul bersih sampah 2025 mendatang.

“Tahun ini masih dibolehkan untuk infrastruktur. Tapi tahun depan nanti sudah tidak bisa karena infrastruktur sudah banyak program yang dialokasikan dari Pemda DIY, Pemkab, dan juga pemerintah kalurahan. Sehingga 2023 dana perdukuhan dikhususkan untuk tiga bidang, yakni pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup,” papar Sri Nuryanti.

BACA JUGA: Cegatan Dua Pekan, Polresta Jogja Awasi Kendaraan ODOL & Pelat Nomor yang Tidak Sesuai

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan DPMK Bantul, Pambudi Arifin Rahman menambahkan proses pencairan dana perdukuhan akan ditransfer melalui rekening kas kalurahan, “Tetap mekanisme keuangannya melalui rekening kas kalurahan. Kalurahan yang melaksanakan ke masing masing perdukuhan,” kata Pambudi.

Ia berharap dana padukuan bisa dirasakan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan petunjuk dari Bupati Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penahanan Ferdy Sambo dkk Diperpanjang 30 Hari

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement