Advertisement

Aneh tapi Nyata! Lukisan Lawas dari Bali Selamat dari Kebakaran di Mantrijeron

Yosef Leon
Sabtu, 05 Maret 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Aneh tapi Nyata! Lukisan Lawas dari Bali Selamat dari Kebakaran di Mantrijeron Irwan menunjukkan sebuah lukisan lawas dari Bali yang selamat dari insiden kebakaran di sebuah toko Jalan Bantul No.48 Gedongkiwo Mantrijeron, Sabtu (5/3/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kebakaran yang melanda sebuah sebuah toko kelontong di Jalan Bantul No. 48 Gedongkiwo, Mantrijeron Kota Jogja pada Selasa (22/2/2022) dini hari lalu menyisakan cerita ajaib yang kini menjadi viral.

Musababnya, kebakaran yang dipicu oleh api yang berasal dari mesin pendingin es krim tersebut dilaporkan meludeskan seisi warung. Namun baru-baru ini viral di media sosial muncul unggahan adanya sebuah lukisan yang selamat dari insiden kebakaran itu.

Advertisement

Dalam musibah kebakaran yang sekejap meludeskan Toko Mericis Cell di Jalan Bantul itu, ada sebuah lukisan lawas dari Bali yang selamat tidak ikut terbakar, padahal barang di sekitarnya hangus tidak tersisa.

“Melihat kebakaran di mana api memenuhi ruangan saya sudah lemas, pasti habis semuanya berikut lukisan yang saya titipkan di adik saya AM Dwi Septiningsih sebagai penyewa toko,” ungkap Y Irwan Cahya Nugraha, Sabtu (5/3/2022) kepada wartawan.

Irwan merasakan keajaiban ketika dirinya membantu bersih-bersih toko setelah kejadian itu. Saat membereskan material sisa kebakaran, dirinya melihat lukisan tersebut di atas kursi tidur dalam kondisi masih utuh.

Baca juga: Hotel yang Kebakaran adalah Ibis Style, Pemicunya dari Kompor

“Padahal komputer, baju yang ada di bawah dan samping kursi ludes terbakar semuanya,” ungkap Irwan.

Dia menyebutkan, hobi mengoleksi lukisan khususnya lawas telah mulai ditekuni sejak 2010 lalu. Lukisan itu merupakan pemberian dari seorang sahabatnya dan mempunyai kisah tersendiri saat beralih ke tangan Irwan. Ia mengaku membayar Rp100 juta untuk sebuah lukisan yang bertema naturalis itu.

Pada lukisan itu, detail fenomena masyarakat pedesaan Bali beserta aktivitasnya begitu kentara. Pelukis menggambarkan keseharian masyarakat yang bertani dan menangkap ikan di suasana desa yang asri berlatar alam pegunungan.

“Ada beberapa lukisan lama dan unik seperti lukisan kaca tahun 1930 an, lukisan lama dari Bali (lupa tahunnya), serta lukisan yang selamat dari kebakaran ini yang menurut saya unik dan menginspirasi,” ucap dia.

Dijelaskannya, lukisan ini menceritakan tentang suasana Ubud karya MD Karmayasa. “Saya sangat suka lukisan ini karena pewarnaan gelap terangnya sangat bagus dan warna cat menyala. Hampir seperti batik ketebalannya dan kalau dinikmati dengan baik, lukisan ini benar-benar membawa kita ke sebuah pedesaan dengan aktivitas di kampung Bali zaman dahulu,” pungkas Irwan.

Sebelumnya, Warung kelontong milik warga di Jalan Bantul, Gedongkiwo, Mantrijeron dilaporkan terbakar pada Selasa (22/2/2022) dini hari sekira pukul 01.30 WIB. Penyebab insiden kebakaran ini diduga karena korsleting listrik dan total kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah namun tidak menimbulkan korban jiwa.

"Warung merupakan milik warga setempat yang kebetulan statusnya masih sewa. Kerugiannya semua barang dalam toko hangus terbakar dan atap toko sisi kiri roboh," jelas Kepala Seksi Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement