Advertisement

Proyek Tol Jogja-Bawen Menunggu Pembebasan Lahan SG, Ini Perkembanganya  

Yosef Leon
Rabu, 09 Maret 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Proyek Tol Jogja-Bawen Menunggu Pembebasan Lahan SG, Ini Perkembanganya    Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.om, JOGJA - Dinas Pertahanan dan Tata Ruang (Dispetaru) DIY menyebut, proses pembebasan lahan berstatus Sultan Grond (SG) yang terdampak pembangunan ruas tol Jogja-Bawen ditargetkan rampung pada pekan ini di tingkat desa. 

Pembangunan ruas tol Jogja-Bawen membutuhkan setidaknya 47,6 hektare lahan yang perlu dibebaskan. Dari jumlah itu, sebanyak delapan persen masuk ke dalam kriteria tanah dengan karakteristik khusus, dengan enam bidang tanah berstatus SG. 

Advertisement

"Sekarang masih melengkapi pemberkasan berkaitan dengan tanah SG yang terdampak, itu masih berkasnya masih di tingkat desa dan pekan ini akan diproses," kata Kepala Dispetaru DIY, Krido Suprayitno, Rabu (9/3/2022). 

Menurutnya, pemerintah desa bersama pihak Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Bawen akan menentukan upaya yang tepat terhadap penyelesaian pembebasan lahan SG yang terdampak itu. Selanjutnya, proses penyelesaian masih akan berlanjut di tingkat dinas melalui Dispetaru. 

 BACA JUGA: Hujan Meteor Ternyata Munculkan Puluhan Kawah Besar di Bumi

Di sisi lain, Krido menyebut saat ini pihaknya juga masih menunggu kapan pengerjaan teknis berupa penetapan batu pertama dilakukan untuk proyek itu. "Kami masih menunggu tahapan penyelesaian pembebasan, maupun dari sisi ground breaking dan teknis pelaksanaan lain. Harapannya setelah di tingkat desa selesai nanti bisa diproses lebih lanjut," ujarnya. 

Pihaknya mengaku sampai saat ini juga belum menerima izin penetapan lokasi (IPL) untuk ruas tol Gamping-YIA dari Kementerian PUPR. "Mengenai IPL kami juga masih menunggu, sampai saat ini belum ada masuk dari PU dan kami masih menunggu," ujarnya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement