Advertisement

Pusat Pemeliharaan Hewan Bakal Dibangun di Playen Gunungkidul, Luasnya 5 Hektare

David Kurniawan
Kamis, 10 Maret 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Pusat Pemeliharaan Hewan Bakal Dibangun di Playen Gunungkidul, Luasnya 5 Hektare Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mendukung rencana Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM membangun teaching farm berupa pusat pemeliharaan hewan di Kalurahan Dengok, Playen. Total lahan yang disedikan untuk realisasi pembangunan mencapai lima hektare.

BACA JUGA: Ikadin Tolak Wacana Jokowi 3 Periode dan Penundaan Pemilu

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan sudah bertemu dengan FKH UGM untuk membahas rencana pembangunan teaching farm.  di Kalurahan Dengok, Playen.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Kami sangat mendukung dan harapannya bisa membantu pengembangan ternak di masyarakat, khususnya yang berada di lokasi sekitar,” katanya, Kamis (10/3/2022).

Sunaryanta berharap kepada UGM untuk menaati semua aturan yang ada berkaitan denga masalah perizinan. Selain itu, sosialisasi ke masyarakat juga dibutuhkan agar program terlaksana dengan baik.

Bupati juga meminta adanya  teaching farm nantinya dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat Gunungkidul. Salah satunya dalam upaya mengembangkan riset tentang budi daya hewan ternak yang baik dan modern.

“Sebagai gudang ternak DIY, Gunungkidul memiliki banyak potensi. Namun, masih banyak warga yang memelihara kambing dan sapi secara tradisional, ada ternak yang ditaruh di lereng bukit atau di dekat rumah,” ujarnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, UGM, Teguh Budipitojo mengatakan, sudah menetapkan lokasi teaching farm di Kalurahan Dengok dengan luas area mencapai lima hektare. “Sudah kami bebaskan dan tinggal proses pembangunan,” katanya.

BACA JUGA: Ujung Material Merapi Berhenti di Km 5, Ini Foto-Fotonya..

Advertisement

Menurut dia, teaching farm akan menjadi pusat pemeliharaan hewan dan kesehatan hewan. Rencananya pusat pemeliharaan hewan di Gunungkidul juga dilengkapi ruang kelas,  ruang display produk, guest house, laboratorium, zona kuda, zona kelinci, ruang penyimpanan, zona kambing, zona sapi, zona unggas dan lain sebagainya.

“Hewan yang ada dikelompokan sesuai dengan zona yang sudah ditentukan. Kami berharap ini akan menjadi tempat belajar yang komplet bagi mahasiswa dan berdampak bagus bagi masyarakat di Gunungkidul,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapolres Malang Dicopot dari Jabatannya, Buntut Tragedi Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement