Advertisement

Konstruksi Tol Pertama di Jogja Tinggal Menunggu Waktu, Inikah Lokasi Detailnya?  

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 11 Maret 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Konstruksi Tol Pertama di Jogja Tinggal Menunggu Waktu, Inikah Lokasi Detailnya?    Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Rencana peletakan batu pertama pembangunan tol Jogja Bawen pada Maret ini masih menimbulkan teta teki. Sejumlah pihak masih belum mengetahui detail rencana ground breaking tol dengan pembebasan lahan tercepat di Indonesia itu.

Menurut kabar, pelaksanan kegiatan tersebut akan digelar pada 31 Maret mendatang. Adapun lokasi awal dimulainya kegiatan konstruksi akan dilaksanakan di Dusun Sanggrahan, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati. Hanya saja, saat dikonfirmasi kabar tersebut Harianjogja.com belum mendapatkan kepastian.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Bawen Wijayanto mengatakan pembahasan rencana dimulainya konstruksi pembangunan jalan tol masih terus dimatangkan. Pertamuan awal untuk kegiatan tersebut sudah dilaksanakan namun hasilnya belum bisa dipastikan.

 BACA JUGA: Update Covid-19 DIY: Kasus Positif Bertambah 849, Terbanyak dari Sleman

Sebab, rencana dimulainya pembangunan jalan tol pertama di DIY tersebut masih akan disampaikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X. "Kalau perencanaan sudah ada. Tapi masih [sebatas] rencana ya, belum ada persetujuan dari Ngarso Dalem," ujarnya, Jumat (11/3/2022).

Totok sapaan akrab Wijayanto enggan menjelaskan detail terkait rencana tersebut sebelum mendapatkan persetujuan dari Pemda DIY. Dia berharap agar semua pihak bisa bersabar karena kegiatan ground breaking tinggal menunggu waktu. 

"Nanti kalau sudah fiks jadi tidaknya, mau di mana, kapan waktunya akan kami sampaikan. Yang jelas arahannya pak Mentri (PUPR, Basuki Hadimuljono) nggak usah pakai seremoni-seremonian [mengingat pandemi Covid-19]," katanya.

Di Sanggrahan, tampak puluhan rumah warga terdampak jalan tol Jogja Bawen sudah membongkar rumahnya. Hanya sebagian kecil saja bangunan rumah yang belum rata dengan tanah. Sisa bangunan yang masih berdiri ada yang mulai dirobohkan.

Sekitar 90 rumah di dusun ini masuk daftar terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Bawen. Dusun Sanggrahan ini kehilangan setengah wilayahnya, karena menjadi titik pertemuan ruas tol yakni Jogja-Bawen dan Jogja-Solo yang menyambung dengan seksi 3, Gamping-Kulonprogo.

Puluhan rumah warga di Dusun Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati sudah rata dengan tanah. Di sini menurut rencana menjadi lokasi awal dimulainya konstruksi tol Jogja Bawen

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Venue Konser Dewa 19, JIS Dikritik, Standar FIFA Dibahas Lagi

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement