Advertisement

Tersembunyi! Situs Mantup, Tempat Ritual Pernikahan di Masa Lampau

Sunartono
Selasa, 15 Maret 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tersembunyi! Situs Mantup, Tempat Ritual Pernikahan di Masa Lampau Kompleks situs Mantup, Banguntapan, Bantul, Selasa (15/3/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah situs bersejarah masih tersimpan di tengah sawah tepatnya di Kampung Sampangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Situs di bawah pengawasan BPCB DIY ini bernama situs Mantup yang merupakan tempat ritual pernikahan di masa lampau.

Situs ini sebenarnya mudah diakses. Dari Jalan Wonosari maupun Jalan Majapahit atau Ringroad Timur. Hanya saja, memang tidak banyak masyarakat yang mengetahui situs ini. Kebetulan, dari Jalan Raya situs ini telah tertutup bangunan seperti keberadaan kafe hingga beragam industri kreatif di seputaran kampung tersebut.

Advertisement

"Saya kebetulan baru pertama kali melihat ini," kata salah seorang pengunjung yang menyempatkan menengok situs yang terpagar itu, Selasa (15/3/2022).

Berdasarkan papan informasi yang tertulis di Kompleks Situs Mantup, situs ini pertama kali ditemukan pada 25 Juni 1991 oleh 15 orang pekerja yang sedang menggali tanah milik seorang warga bernama Sumiyanto. Ketika itu penduduk sedang mengadakan penurunan permukaan tanah sawah untuk memudahkan pengairan yang berada di kedalaman 1,4 meter yang sekarang stratigrafi tanahnya menunjukkan adanya lapisan vulkanik mmebuktikan bahwa situs ini pernah terkena lahar akibat aktivitas gunung Merapi.

Situs mantup terdiri atas tiga bangunan berukuran kecil yang berjajar dari utara ke selatan dengan arah ke barat. Bangunan pertama terletak di utara berukuran 250x250x175 cm. Bangunan kedua di tengah berukuran 228 x 228 x 200cm dan ketiga di selatan dengan luas 216 x 216 x 158 cm, berada di kedalaman 1,4 meter.

Pada bangunan terdapat arca kalyanasundaramurti yang berukuran 70x35x20 cm terbuat dari natu andesit. Arca ini telah diamankan di Kantor BPCB DIY. Arca ini menggambarkan laki dan perempuan dalam posisi bergandengan tangan yang diduga merupakan penggambaran perkawinan Ciwa dan Parwati.

Fungsi situs ini sebagai tempat untuk melangsungkan upacara perkawinan dalam suatu bangunan suci dimaksudkan untuk memperoleh berkah dari dewa yang diarcakan dalam bentuk bangunan suci. Bentuk tubuh dan atap situs mantup tidak diketahui lagi karena reruntuhan.

Sisa bagian kaki situs dengan batu polos, situs ini tidak memiliki ornamen atau seni hias. Adanya arca menunjukkan bahwa sifat keagamaan situs ini merupakan Hindhu khususnya pemuja dewa Ciwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement