Advertisement

Sudah Terbangun 80 Km, JJLS Gunungkidul Hampir Rampung  

David Kurniawan
Rabu, 16 Maret 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Sudah Terbangun 80 Km, JJLS Gunungkidul Hampir Rampung    Aktivitas kendaraan bermotor JJLS di ruas Girisekar-Planjan di Dusun Sawah, Girisekar, Panggang - Harian Jogja/David kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Panjang ruas Jalur Jalan Lintas Selatan di Gunungkidul hampir mencapai 80 kilometer. Mayoritas jalur sudah selesai dibangun, karena proses tinggal menyisakan belasan kilometer.

Kepala Bidang Bina Marga Gunungkidul, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, panjang JJLS sekitar 80 kilometer dan mayoritas sudah selesai dibangun. Sedangkan yang masih proses pebangunan ada di ruas Tepus-Jerukwudel sepanjang 13,5 kilometer dan ruas Planjan-Tepus 4,7 kilomter. 

Advertisement

“Untuk yang belum dibangun ada di jalur perbatasan Gunungkidul-Bantul, panjangnya sekitar 1,5 kilometer,” katanya, kemarin.

 BACA JUGA: BOR Pasien Covid-19 Gunungkidul Disorot Pusat,  Pemkab: Ruang Rawat Terbatas  

Yana mengakui, di ruas Planjan juga ada ruas sepanjang 600 meter yang belum dibebaskan. Namun demikian, proses sudah ditangani oleh Pemerintah DIY.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul, Winaryo. Dia mengakui sudah ada proses pembebasan lahan ruas JJLS di Planjan yang panjangnya mencapai 600 meter.

“Untuk detail perkembangan bisa tanya ke Pemerintah DIY yang menangani,” katanya.

Meski demikian, sambung dia, untuk pembebasan lahan, pemkab sudah mengeluarkan izin penetapan lokasi yang luasannya mencapai 2,4 hektare. “Berhubung dibawah lima hektare, maka sesuai aturan IPL yang mengeluarkan Pak Bupati,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement