Advertisement

Resmi, Tol Jogja Bawen Mulai Dibangun di Tirtoadi pada 30 Maret

Abdul Hamied Razak
Minggu, 27 Maret 2022 - 16:07 WIB
Jumali
Resmi, Tol Jogja Bawen Mulai Dibangun di Tirtoadi pada 30 Maret Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Teka-teki dimulainya konstruksi (groundbreaking) Tol Jogja Bawen terjawab. Pemerintah akan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan ruas jalan bebas hambatan Jogja Bawen ini pada 30 Maret mendatang.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Beres, Pelabuhan Gesing Siap Dibangun

Advertisement

PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja Bawen Wijayanto memastikan groundbreaking akan digelar pada Rabu (30/3/2022). Kepastiannya ditetapkan setelah ada kesepakatan antara Kementerian PUPR dan Pemda DIY.

"Pak Bas [Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono] dan Sri Sultan [Gubernur DIY] akan menghadiri kegiatan groundbreaking nanti," katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Minggu (27/3/2022).

Dusun Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman

Lokasi groundbreaking adalah Dusun Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati. Saat ini, katanya, bangunan rumah warga yang terdampak pembangunan jalan tol di dusun tersebut sudah rata dengan tanah.

"Seluruh area sudah bersih, tinggal pelaksanaan konstruksi saja," ujarnya.

Di dusun ini akan dibangun junction atau simpan susun. Simpang susun di Tirtoadi ini nantinya menyambung dengan Tol Jogja Solo dan juga Tol Jogja Bandara YIA. Luas junction di Tirtoadi sekitar 33 hektare.

"Saat ini masih diproses pengadaannya," katanya.

BACA JUGA: Kelestarian 373 Sumber Air di Sleman Penting Dijaga

Rencananya, Tol Jogja Bawen memiliki panjang total 75,82 km dengan nilai investasi sebesar Rp14,26 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun. Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan DIY sepanjang 8,77 km.

Terdapat enam seksi yang dibangun pada ruas jalan tol ini. Meliputi, SS Banyurejo (8,25 Km) SS Banyurejo - SS Borobudur (15,26 Km), SS Borobudur - SS Magelang (8,08 Km), SS Magelang - SS Temanggung (16,64 Km), SS Temanggung - SS Ambarawa (22,56 Km) dan SS Ambarawa - Interchange (IC) Bawen (5,21 Km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement