Advertisement

Harian Jogja Raih Gold Winner di IPMA 2022, Media Cetak Terbaik di Jawa

Sunartono
Rabu, 30 Maret 2022 - 06:27 WIB
Jumali
Harian Jogja Raih Gold Winner di IPMA 2022, Media Cetak Terbaik di Jawa Sampul muka Harian Jogja yang diterbitkan tanggal 26 April 2021. Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Surat Kabar Harian Jogja kembali mendapatkan penghargaan Gold Winner dalam ajang bergengsi Indonesia Print Media Award (IPMA) 2022 yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). Penyerahan penghargaan kompetisi nasional ini dilakukan di Jogja National Museum (JNM) Kota Jogja, Selasa (29/3/2022) malam.

Harian Jogja keluar sebagai pemenang dengan capaian Gold Winner untuk kategori Surat Kabar Harian Regional Jawa terbaik pada kover yang diterbitkan tanggal 26 April 2021.

Advertisement

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, mengatakan penghargaan ini merupakan kebanggaan. Karena Harian Jogja kembali mendapatkan penghargaan terbaik sebagai koran dengan sampul atau cover terbaik. Dengan penghargaan pada 2022 ini, berarti sudah 12 kali Harian Jogja mendapatkan penghargaan di ajang indonesia Print Media Award (IPMA) kategori surat kabar harian regional Jawa.

Harian Jogja selain akan terus menyajikan konten berkualitas dan terpercaya juga akan menampilkan desain-desain yang atraktif dan segar dengan infografis-infografis. “Gold Winner ini merupakan kado bagi Harian Jogja yang pada 20 Mei mendatang berulang tahun ke 14. Kami akan sajikan konten jurnalistik yang berkualitas dan tentu saja didukung dengan tampilan desain yang menarik,” kata Anton.

Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo menambahkan kover yang meriah penghargaan Gold Winner merupakan desain tentang kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam. Ide desain ini muncul sebagai penghormatan redaksi terhadap 53 anggota Hiu Kencana yang gugur dalam peristiwa tersebut.

Menurutnya, gugurnya putra terbaik bangsa dalam misi menjaga kedaulatan laut Nusantara ini memang layak diabadikan dalam karya cetak sebagai bagian dari sejarah.

"Ini sebagai penguat dalam menggambarkan kedukaan awak redaksi, kami sengaja mengorbankan warna pada logo yang semestinya duotone dan mengubahnya menjadi logo black reverse," ucapnya.

Solopos yang merupakan satu grup dengan Harian Jogja juga mendapatkan penghargaan kategori serupa dengan raihan Silver Winner. Solopos menampilkan kover pemberitaan tentang penanganan pasien Covid-19 dengan judul Demi Nafas Pasien yang diterbitkan pada 24 Juni 2022.

Selain IPMA ke-13, pemberian penghargaan Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), kemudian penghargaan kepada pers mahasiswa, Indonesia Students Print Media Awards (ISPRIMA) dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Advertisement

Penilaian dilakukan para dewan juri yang berlatar belakang dari kalangan media, pewarta foto independen, kalangan swasta hingga akademisi pada 2-3 Februari 2022. Dewan juri menilai meski secara kuantitas jumlah peserta menurun, namun secara kualitas justru meningkat. Rata-rata media mengangkat kover tentang pandemi Covid-19, serta tragedi kemanusiaan dan bencana seperti gempa bumi dan letusan Gunung Semeru.

"Walaupun secara kuantitas peserta makin sedikit, tetapi kualitas tetap terjaga. Rata-rata memuat konten visual yang membuat pembaca merasa mudah mendapatkan inti pesan yang disampaikan," kata Dewan Juri dari Pewarta Foto Independen Oscar Motuloh.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement