Advertisement

Rencanakan Vaksinasi di Posko Mudik, Dinkes Bantul Kaji Kesiapan SDM

Catur Dwi Janati
Sabtu, 02 April 2022 - 09:07 WIB
Arief Junianto
Rencanakan Vaksinasi di Posko Mudik, Dinkes Bantul Kaji Kesiapan SDM Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meninjau vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sekolah Dasar (SD) Plebengan, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, Jumat (31/12/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Selama Ramadan, vaksinasi tetap dilaksanakan di sentra-sentra vaksinasi yang ada di Kabupaten Bantul. Angka vaksinasi Covid-19 di Bumi Projotamansari terus meningkat seiring wacana diperbolehkannya mudik dengan syarat vaksin. 

"Selama bulan puasa, Dinas Kesehatan tetap menggelar vaksinasi di puskesmas-puskesmas. Ketersediaan vaksinasi kami cukup, termasuk untuk booster," terang Ketua Harian Satgas Covid-19 Bantul, Joko Purnomo, Jumat (1/4).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Budayakan Membaca, Pria Ini Sediakan Perpustakaan untuk Warga

Sementara soal pelaksanaan vaksinasi di posko mudik, Joko masih membahas kemungkinan tersebut. Dinas Kesehatan, kata dia, masih menghitung berbagai aspek terkait wacana tersebut. "Ini yang masih dalam proses pembahasan, tadi memang ada wacana itu, tetapi dari Dinas Kesehatan akan menghitung dulu dan mempersiapkan. Kalau memang itu diperlukan ya saya kira itu bagus. Di setiap posko diselenggarakan kegiatan vaksin," ucap dia.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja menambahkan, bila sampai kini stok vaksin memang masih aman. Beberapa jenis vaksin masih diberikan sesuai dengan trek perjalanan vaksin warga dari vaksin satu, kedua dan booster. "Intinya kami siap, baik sarana prasarana SDM dan semuanya kami siap," ujarnya.

Disinggung soal vaksinasi di posko mudik, ketersediaan SDM menjadi hal yang sedikit mengganjal. "Karena kami harus menjaga kemampuan SDM kami dan sarana prasarana yang ada. Karena kalau nanti kami buat Posko belum tentu juga peminatnya banyak," tuturnya

"Saya kira tidak [vaksinasi di posko], karena memang sebetulnya mudik itu syaratnya vaksin, bukan kemudian sampai di sini mudik [vaksin]," ucap dia.

BACA JUGA: Pembelajaran Tatap Muka di Bantul Berubah Selama Ramadan. Cek Jadwalnya!

Advertisement

Agus berharap para pemudik telah melakukan vaksinasi di daerah asal. Hal itu dinilai lebih efektif dan menjaga manfaat dari vaksinnya.

"Sebetulnya kan syarat mudik berarti harapannya mereka dari sana sudah vaksin. Dan saya efektif, manfaat vaksinnya juga masih terjaga kan kita tidak bisa kemudian membuka di banyak tempat, tapi di sentra saja kami silahkan," ucap dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement