Advertisement

Ini Dia Keunikan Gending Gati Dirgantara, Kado Sultan kepada HUT TNI AU

Sunartono
Minggu, 10 April 2022 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Keunikan Gending Gati Dirgantara, Kado Sultan kepada HUT TNI AU Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X secara khusus menciptakan Gending Gati Dirgantara untuk TNI Angkatan Udara. Gending yang terinspirasi dari gerak pesawat tempur itu secara resmi diserahkan oleh Sultan HB X kepada KSAU Marsekal TNI, Fadjar Prasetyo dalam HUT TNI AU ke-76 di Akademi Angkatan Udara (AAU), Sabtu (9/4/2022).

Penghageng KHP Kridhamardawa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Notonegoro menjelaskan terciptanya Gending Gati Dirgantara laras pelog pathet barang berawal dari Dhawuh Dalem Sri Sultan HB X melalui penghageng KHP Kridhamardawa pada Januari 2022.

“Ngarsa Dalem [Sri Sultan HB X] berkenan untuk menciptakan sebuah gending Gati yang akan diberikan kepada AURI,” katanya dalam rilis resmi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Minggu (10/4/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Ketum PPP Temui Haedar Nashir di PP Muhammadiyah, Ini yang Dibahas.

“Semoga Gending Gati Dirgantara ini bisa menjadi kenang-kenangan yang menambah semangat teman-teman TNI AU dalam menjaga kedaulatan NKRI, sekaligus menjadi tanda persahabatan dan kerja sama yang telah terjalin antara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan rekan-rekan TNI AU,” imbuh dia.

Dia menambahkan, pada November 2022 silam, Kraton juga memberikan Gending Gati Marinir kepada TNI AL. Bedanya, gending yang dihadiahkan ke Korps Marinir ini merupakan Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono VII yang memang sudah ada sejak masa pemerintahan beliau.

“Untuk Gending Gati Dirgantara Laras Pelog Pathet Barang ini merupakan Yasan Dalem Enggal dari Ngarsa Dalem Sri Sultan HB X. Baru diciptakan awal tahun ini, khusus untuk dihadiahkan ke TNI AU,” katanya.

BACA JUGA: Simak Jadwal Buka Puasa di DIY dan Sekitarnya!

Kata Dirgantara berarti awang-awang, langit, angkasa, atau ruang udara di atas bumi. Sementara Gending Gati Dirgantara ini berkarakter gagah, penuh semangat dan sangat identik dengan dunia kemiliteran. Berbeda dengan gending Gati lain yang pernah ada di Kraton, Gending Gati Dirgantara memiliki beberapa keunikan, di antaranya:

Advertisement

Kendangan Khusus

KPH Notonegoro mengatakan pada Gending Gati Dirgantara terdapat kendangan khusus. Hal inilah yang menjadi ciri khusus dari gending tersebut.

Instrumen Khusus

Dalam Gending Gati Dirgantara juga terdapat unsur permainan instrumen tambur dan Piatti yang berbeda dengan teknik yang biasa digunakan pada gending Gati lainnya. Kemudian pada bagian akhir, permainan balungan dibuat cepat dan nada instrumen tiup berakhir pada nada tinggi.

Jalinan Nada

Jalinan nada yang tersusun dalam Gending Gati Dirgantara ini, terinspirasi dari gerak pesawat tempur yang terbang gagah di angkasa dengan gerak meliuk-liuk, naik-turun dan bermanuver, untuk menjaga NKRI. Dengan terciptanya Gending Gati Dirgantara tersebut, Kraton Yogyakarta berharap agar TNI AU semakin profesional, modern, tetap teguh pada visi dan misi, serta terus memberikan yang terbaik untuk NKRI.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement