Advertisement

Kampung Pancasila Dikukuhkan di Banyak Tempat di Jogja, Ini Tujuannya

Yosef Leon
Selasa, 12 April 2022 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Kampung Pancasila Dikukuhkan di Banyak Tempat di Jogja, Ini Tujuannya Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (kiri) menyerahkan pigura burung garuda dalam pengukuhan kampung Pancasila di Panembahan, Keraton, belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengukuhan Kampung Pancasila di sejumlah wilayah di Kota Jogja diharapkan mampu menginspirasi warga untuk menerapkan kelima sila yang menjadi nilai kehidupan berbangsa dan bernegara. Kampung Pancasila diminta hadir untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Sedang Tren Perang Sarung di Gunungkidul, 21 Pelaku Ditangkap Polisi

Advertisement

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan kampung Pancasila hendaknya mampu menciptakan kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera melalui semangat dalam membangun negeri. “Tidak ada konflik yang berkaitan dengan keadilan sosial. Semuanya adem ayem tentrem. Guyub rukun gayeng, semua bersemangat membangun negeri,” kata Haryadi dalam pengukuhan Kampung Pancasila di Panembahan, Keraton, belum lama ini.

Pencanangan Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Komandan Kodim 0734 Kota Jogja yang didampingi oleh Wali Kota Jogja dan Kapolresta Jogja. Kemudian burung merpati dilepaskan di lokasi itu.

Haryadi menyampaikan agar Mantri Pamong Praja beserta jajaran Forum Komunikaksi Pimpinan Kemantren bisa mengajak anak indekos untuk bisa berbaur di masyarakat dengan melakukan kegiatan kemasyarakatan seperti siskamling dan kerja bakti.

“Hal ini tentu sebagai upaya penerapan sila persatuan Indonesia dengan semangat gotong royong bersama-sama menjaga lingkungan,” katanya.

Komandan Kodim 0734 Kota Jogja, Letkol. Inf. Arif Harianto, mengatakan pembentukan Kampung Pancasila dilakukan karena rasa prihatin atas menurunnya pemahaman Pancasila di masyarakat. Bahkan ada generasi muda yang sudah tidak hapal Pancasila.

“Kondisi tersebut sangat memprihatinkan sehingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurahman  berinisiatif mengembangkan program kegiatan Kampung Pancasila dengan mengintruksikan jajarannya agar membentuk Kampung Pancasila,” kata Arif

BACA JUGA: Kekerasan Merajalela! Sultan Siapkan Tempat Penampungan Anak Bermasalah di Pundong

Pencanangan Kampung Pancasila ini diharapkan tidak hanya berhenti pada pencanangan semata, tetapi bisa menginspirasi warga dalam mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, sejumlah kampung di masing-masing kemantren atau kecamatan di Kota Jogja telah dideklarasikan sebagai kampung Pancasila dan diharapkan dapat berkembang ke kampung lainnya sehingga semua kampung di Kota Jogja menjadi kampung Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement