Advertisement

Video Sontoloyo Angon Ribuan Bebek di Sleman, Barisannya Panjang Banget

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 19 April 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Video Sontoloyo Angon Ribuan Bebek di Sleman, Barisannya Panjang Banget Tangkapan layar sontoloyo angon bebek - Instagram @merapi_uncover

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menggembalakan bebek atau angon bebek bukanlah perkara mudah. Si penggembala atau yang dalam Bahasa Jawa disebut Sontoloyo, harus punya skill khusus agar hewan ternaknya nurut.

Belum lama ini, viral sebuah video sontoloyo yang sedang menggembalakan bebek di sebuah jalanan aspal. Yang membuat takjub kali ini, sontoloyo itu tidak hanya menggembalakan puluhan bebek tetapi mencapai ribuan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam video yang diunggah akun Instagram @merapi_uncover dijelaskan bahwa lokasi pengambilan gambar berada di jalanan arah Turgo, Sleman.

Di situ terlihat puluhan orang sudah menanti di pinggir jalan untuk menunggu kawanan bebek lewat. Di antara mereka sudah mengarahkan kamera handphone ke arah bebek-bebek itu.

Dan benar saja, sesaat kemudian seorang laki-laki berkaus hitam berada di barisan terdepan. Ia adalah sontoloyo yang memberi aba-aba untuk bebek-bebek yang ada di belakangnya.

Baca juga: Biasa Jadi Umpatan, 'Sontoloyo' dan 'Bajingan' Justru Punya Arti Mulia di Jogja

Ia membawa tongkat panjang yang ujungnya diberi kain putih. Sesekali ia mengayunkan tongkatnya ke arah bebek agar hewan ternaknya itu tidak lari ke arah lain dan tetap mengikutinya.

Di belakang sontoloyo, ribuan bebek ikut berlari kencang mengikuti bebek-bebek yang ada di depannya. Mereka tampak lincah berbaris hingga tidak ada satupun bebek yang memencar ke segala arah.

Di antara bebek yang kebanyakan berwarna coklat, ada bebek warna putih yang ikut berbaris. Barisan hewan unggas itu sangat panjang hingga ratusan meter. Meski tidak bisa membuat barisan yang lurus, tetapi fokus mereka tetap mengikuti sontoloyo di bagian terdepan.

Sebagai penutup barisan, ada satu lagi sontoloyo yang bertugas di bagian belakang. Ia memastikan semua bebek berjalan maju tanpa ada satu pun yang ketinggalan.

Tidak dijelaskan apakah bebek yang melintas di jalan aspal itu bagian dari acara atau bukan namun hal itu cukup membuat masyarakat terkesima melihatnya. Jalanan juga tampak sepi dan selama bebek melintas tidak ada kendaraan bermotor yang lewat.

Video ini banyak disaksikan pemilik akun Instagram. Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah mendapat like sebanyak 1.120. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1 Anak Pasien Gagal Ginjal Dirawat di Solo

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement