Advertisement

Sultan Minta Warga yang Ingin Mudik ke Jogja Mudik Awal

Newswire
Senin, 25 April 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Minta Warga yang Ingin Mudik ke Jogja Mudik Awal Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas saat Lebaran 2022.

"Itu ada yang bisa [mudik] lebih awal lebih baik daripada nanti [bersamaan] sekaligus maka tidak memungkinkan," kata Sultan seusai Rakor Cipta Kondisi Idul Fitri DIY bersama Forkopimda di Kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (25/4/2022).

Menurut Sultan, jumlah pemudik di DIY pada Lebaran 2022 bakal mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, jumlah warga yang hendak mudik ke arah DIY diperkirakan mencapai 3,9 orang atau tiga kali lipat dari biasanya seiring kebijakan pelonggaran mudik oleh pemerintah.

"Semoga saja mereka tidak bersamaan. Lebih baik awal-awal begini kalau memang memungkinkan daripada saat hari raya," ujar Sultan.

Menurut Sultan, ketika pemudik tinggal lebih awal dan lebih lama di DIY, kesempatan mereka untuk berbelanja di DIY akan semakin besar sehingga ekonomi masyarakat lokal bisa berputar dengan baik.

Menyambut tingginya jumlah pemudik tahun ini, menurut Sultan, Pemda DIY berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk mengatur lalu lintas kendaraan.

BACA JUGA: 4 Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Ledakan Petasan yang Robohkan Rumah

Agar tidak terjadi kepadatan arus kendaraan, ia berharap pemerintah kabupaten dapat menyediakan jalur alternatif beserta papan petunjuk agar tidak semua pemudik melintasi Kota Yogyakarta.

"Yang tidak mau stay di Yogyakarta tapi hanya lewat jangan dimasukkan ke arah Kota Yogyakarta," ucap dia.

Advertisement

Pemudik dari arah Prambanan bisa langsung dibelokkan ke ke kanan bagi mereka yang hendak menuju Jalan Magelang atau ke kiri jika ingin ke Purworejo, Jawa Tengah.

"Jadi tidak perlu harus lewat Kota Yogyakarta. Kalau semua lewat Jalan Solo-Yogyakarta ya macet semua," kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Ternyata Produsen Sarang Burung Walet Terbesar di Dunia

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement