Advertisement

Warga Mutihan Prambanan Gelar Wiwitan sebagai Ungkapan Syukur

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 07 Mei 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Mutihan Prambanan Gelar Wiwitan sebagai Ungkapan Syukur Petani bawang merah dan warga di Dusun Karang Tengah, Desa Getakan, Kecamatan Panjatan saat menggelar acara wiwitan, Selasa (18/9 - 2018). Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sebagai ungkapan rasa syukur, warga Padukuhan Mutihan, Madurejo, Prambanan, Sleman mengadakan upacara Wiwit Ageng serta kirab budaya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok Tani Eko Mulyo itu ditujukan untuk melestarikan tradisi. Ketua Kelompok Tani Eko Mulyo, Widodo menjelaskan upacara wiwit sebagai cara petani untuk bersyukur kepada sang pencipta.

Advertisement

"Upacara ini juga merupakan harapan serta doa para petani agar selalu diberikan hasil panen yang baik," ujar Widodo, Jumat (6/5/2022).

Ia menjelaskan dahulu pada tahun 1961-1963 ada kekeringan sehingga petani tidak bisa menghasilkan panen. Kondisi itu disusul munculnya hama tikus dan wereng. Para petani kemudian memohon kepada Tuhan lewat upacara wiwit agar tanamannya bagus.

Baca juga: Petani Milenial Bisa Geser Dominasi Pekerjaan dari Kota ke Desa

Widodo menambahkan kegiatan ini merupakan implementasi dari Dana Keistimewaan DIY. Setelah sempat dilakukan sebanyak tiga kali, kegiatan ini sempat terhenti selama pandemi.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengapresiasi kepada warga yang menginisiasi upacara Wiwit Ageng. Ia berharap upacara yang sudah mulai tergerus zaman ini tetap bisa dilestarikan.

"Harapannya acara wiwit di Madurejo ini nantinya bisa dijadikan contoh oleh daerah lainnya," kata dia. (Lajeng Padmaratri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement