Advertisement

Warga Mutihan Prambanan Gelar Wiwitan sebagai Ungkapan Syukur

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 07 Mei 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Mutihan Prambanan Gelar Wiwitan sebagai Ungkapan Syukur Petani bawang merah dan warga di Dusun Karang Tengah, Desa Getakan, Kecamatan Panjatan saat menggelar acara wiwitan, Selasa (18/9 - 2018). Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sebagai ungkapan rasa syukur, warga Padukuhan Mutihan, Madurejo, Prambanan, Sleman mengadakan upacara Wiwit Ageng serta kirab budaya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok Tani Eko Mulyo itu ditujukan untuk melestarikan tradisi. Ketua Kelompok Tani Eko Mulyo, Widodo menjelaskan upacara wiwit sebagai cara petani untuk bersyukur kepada sang pencipta.

"Upacara ini juga merupakan harapan serta doa para petani agar selalu diberikan hasil panen yang baik," ujar Widodo, Jumat (6/5/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ia menjelaskan dahulu pada tahun 1961-1963 ada kekeringan sehingga petani tidak bisa menghasilkan panen. Kondisi itu disusul munculnya hama tikus dan wereng. Para petani kemudian memohon kepada Tuhan lewat upacara wiwit agar tanamannya bagus.

Baca juga: Petani Milenial Bisa Geser Dominasi Pekerjaan dari Kota ke Desa

Widodo menambahkan kegiatan ini merupakan implementasi dari Dana Keistimewaan DIY. Setelah sempat dilakukan sebanyak tiga kali, kegiatan ini sempat terhenti selama pandemi.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengapresiasi kepada warga yang menginisiasi upacara Wiwit Ageng. Ia berharap upacara yang sudah mulai tergerus zaman ini tetap bisa dilestarikan.

"Harapannya acara wiwit di Madurejo ini nantinya bisa dijadikan contoh oleh daerah lainnya," kata dia. (Lajeng Padmaratri)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wavin Bangun Pabrik di Batang, Jokowi Pastikan Indonesia Akan Setop Impor Pipa

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement