Video Sampah Meluber ke Jalanan, Beruntung TPST Piyungan Sudah Buka Lagi

Sampah menggunung di depo sampah di Pasar Bantul, Selasa (10/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati\\r\\n
12 Mei 2022 13:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Imbas TPST Piyungan diblokade warga hingga beberapa hari membuat sampah di sudut Kota Jogja meluber hingga ke jalan.

Meski saat ini kantung penampungan sampah terbesar di DIY itu sudah dibuka setelah adanya negosiasi Pemda DIY dengan perwakilan warga sekitar TPST Piyungan, namun video sampah yang menggunung di pinggiran jalan sudah kadung viral di media sosial.

Salah satu video diunggah dalam akun Instagram @jogja24jam. Video milik @jogjainfomu itu diunggah pada Rabu (11/5/2022) kemarin.

Dalam unggahan dituliskan keterangan bahwa sampah menumpuk dan meluber sampai di jalan seperti di kawasan Depo pembuangan sampah Lempuyangan, Mandala Krida dan Simpang Tamansari Yogyakarta.

Baca juga: Sampah Menumpuk di Jalanan, Kota Jogja Jangan Bergantung ke TPST Piyungan

Tumpukan sampah yang sudah dibungkus kantung plastik itu menggunung hingga memakan bahu jalan. Di sampingnya, kendaraan berlalu-lalang dengan santainya. Sementara terlihat satu orang yang menyapu sampah yang berserakan hampir ke tengah jalan.

Di sudut lain, gerobak-gerobak pengangkut sampah juga berderet di depo sampah menunggu truk pengangkut yang siap membawa muatan sampah ke pembuangan akhir.

Melihat potret Jogja dalam video itu, warganet meyakini bahwa sampah yang menggunung di jalanan imbas dari ditutupnya TPST Piyungan. Mereka mengusulkan agar masing-masing daerah punya tempat pembuangan sampah sendiri-sendiri dan tidak mengandalkan Piyungan.

"Krn TPS di Piyungan tutup.bila tiap daerah ada TPS mungkin tdk spt ini," tulis salah satu akun.

"Imbas TPA piyungan di tutup,,, harusnya masing² kabupaten punya TPA sendiri," sambung yang lain.

Yang lain ada yang menuliskan cara pengolahan sampah di tempat tinggalnya. "Neng omahku, sampah le iso diobong yo diobong min. Le organik dadi pupuk nggo sawah.. #jogjadaruratsampah," tulis salah satu akun.

"Aman min.. Aku ning desa, sampahe dewe diopeni dewe2.," lanjut yang lain.

Sumber : Instagram