Advertisement

Jogja Siapkan Jalur Khusus Skuter Listrik di Kotabaru, Ini Rutenya

Yosef Leon
Jum'at, 13 Mei 2022 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Jogja Siapkan Jalur Khusus Skuter Listrik di Kotabaru, Ini Rutenya Pengguna skuter listrik di kawasan Malioboro, Jogja, Minggu (9/1/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja menyiapkan jalur khusus yang akan digunakan oleh para pengguna skuter listrik saat berwisata. Area Kotabaru menjadi opsi yang memungkinkan lantaran tempat ini menyimpan berbagai potensi wisata yang menarik.

BACA JUGA: Mengenal Salon Bertarif Rp7.000 di Jogja yang Menjadi Langganan Musisi

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan setelah keluarnya Surat Edaran (SE) Gubernur DIY soal pelarangan skuter listrik untuk beroperasi di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya, jawatannya ditugaskan untuk mencari area alternatif agar kendaraan itu tetap bisa beroperasi.

“Kami coba cari alternatif dan mengusulkan agar kawasan Kotabaru ditambah lagi magnetnya dengan skuter listrik. Kami coba berikan alternatif di Fave Hotel ke selatan menuju Jalan Ahmad Jazuli kemudian balik ke utaranya menuju Jalan Faridan M Noto lalu ke Jalan Prau. Nanti melingkar jalurnya,” kata Wahyu, Jumat (13/5/2022).

Dia menegaskan, jalur itu dipilih lantaran masih tergolong sepi dibandingkankan dengan area lain di kawasan Kotabaru. Dengan begitu wisatawan pengguna skuter tidak akan terlalu menganggu pengendara lainnya dan membahayakan keselamatan diri sendiri.

“Kami tidak mau aktivitas ini akan membahayakan wisatawan. Jadi kami minta agar ada jalur khusus dan bukan di trotoar. Ini sedang dikaji oleh dinas pekerjaan umum dan dinas perhubungan,” ujarnya.

Kotabaru memiliki banyak destinasi wisata alternatif berupa bangunan peninggalan sejarah, museum, tempat peribadatan ikonik. “Wisatawan tidak hanya berskuter. Nanti mereka juga bisa mampir ke berbagai tempat yang direkomendasikan untuk merasakan pengalamannya,” ucap Wahyu.

BACA JUGA: Ketimbang Minta Sumbangan Warga, Para Pemuda Karang Taruna Ini Pilih Sedekah Sampah

Ketua Paguyuban Pemilik Penyewaan Skuter Listrik Malioboro Adi Kusuma Putra Suryawan belum mengetahui jalur baru skuter listrik di Jogja. “Belum ada komunikasi dengan pemkot,” katanya.

Adi mengapresiasi upaya tersebut karena pihaknya masih menaruh harapan agar skuter listrik bisa berjalan kembali karena merupakan salah satu daya tarik bagi pariwisata. “Kami masih berharap skuter tetap dapat untuk bisa melintas di Malioboro meski hanya untuk berfoto,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement