Advertisement

Hanya Truk Dump yang Direkomendasikan Kirim Sampah ke TPST Piyungan

Sunartono
Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hanya Truk Dump yang Direkomendasikan Kirim Sampah ke TPST Piyungan Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY meminta kabupaten dan kota agar meningkatkan kualitas truk pengangkut sampah ke TPST Piyungan. Truk yang digunakan harus sesuai standar yaitu truk dump agar memudahkan penataan sampah di lokasi. 

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda DIY akan meminta kepada kabupaten dan kota agar alat angkut atau armada pembuangan sampah itu yang sesuai ketentuan yaitu truk dump. Kendaraan berukuran kecil tentu tidak direkomendasikan untuk melakukan pembuangan sampah di TPST Piyungan

Advertisement

"Apalagi seperti kendaraan dengan roda tiga atau kendaraan kecil tentu tidak boleh. Ini yang akan kami koordinasikan dengan kabupaten dan kota," katanya Sabtu (14/5/2022).

Aji mengungkap alasan hanya merekomendasikan truk dump yang bisa masuk ke TPST Piyungan. Jika menggunakan kendaraan angkut tidak sesuai ketentuan maka proses pembuangan sampah tidak dapat tertata dengan baik. 

Baca juga: Sumber Air Sekitar TPST Piyungan Akan Diuji

"Karena kalau membuangnya pakai kendaraan kecil biasa nanti menempatkan sampahnya bisa asal-asalan menaruh, sehingga harus ditata kembali. Kalau pakai truk dump kan bisa langsung ditata," katanya.

Aji mengatakan saat ini sedang mengebut pengerjaan tempat pengolahan air lindi dan ditarget pada Juli mendatang ditargetkan selesai. Selain itu dilakukan tempat pembuangan sementara juga sudah mulai dikerjakan.

"Serta penataan terhadap zona A dan zona B," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 52 minutes ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement