Hanya Truk Dump yang Direkomendasikan Kirim Sampah ke TPST Piyungan

Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
14 Mei 2022 12:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY meminta kabupaten dan kota agar meningkatkan kualitas truk pengangkut sampah ke TPST Piyungan. Truk yang digunakan harus sesuai standar yaitu truk dump agar memudahkan penataan sampah di lokasi. 

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda DIY akan meminta kepada kabupaten dan kota agar alat angkut atau armada pembuangan sampah itu yang sesuai ketentuan yaitu truk dump. Kendaraan berukuran kecil tentu tidak direkomendasikan untuk melakukan pembuangan sampah di TPST Piyungan

"Apalagi seperti kendaraan dengan roda tiga atau kendaraan kecil tentu tidak boleh. Ini yang akan kami koordinasikan dengan kabupaten dan kota," katanya Sabtu (14/5/2022).

Aji mengungkap alasan hanya merekomendasikan truk dump yang bisa masuk ke TPST Piyungan. Jika menggunakan kendaraan angkut tidak sesuai ketentuan maka proses pembuangan sampah tidak dapat tertata dengan baik. 

Baca juga: Sumber Air Sekitar TPST Piyungan Akan Diuji

"Karena kalau membuangnya pakai kendaraan kecil biasa nanti menempatkan sampahnya bisa asal-asalan menaruh, sehingga harus ditata kembali. Kalau pakai truk dump kan bisa langsung ditata," katanya.

Aji mengatakan saat ini sedang mengebut pengerjaan tempat pengolahan air lindi dan ditarget pada Juli mendatang ditargetkan selesai. Selain itu dilakukan tempat pembuangan sementara juga sudah mulai dikerjakan.

"Serta penataan terhadap zona A dan zona B," katanya.