Advertisement

Bus Mundur Tabrak 2 Mobil, Polisi: Sopir Bus Telat Oper Gigi

Ujang Hasanudin
Senin, 16 Mei 2022 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Bus Mundur Tabrak 2 Mobil, Polisi: Sopir Bus Telat Oper Gigi Ilustrasi garis polisi. - www.witf.org

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Bantul, Ipda Ketut Reni Juliani, mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan yang menimpa mikrobus di Jalan Imogiri-Dlingo tepatnya di tanjakan Dusun Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Minggu (15/5/2022) petang. Kecelakaan tersebut dikarenakan sopir terlambat mengoper gigi.

“Penyebabnya karena kegagalan ketika oper gigi dari dua ke satu sehingga nol kemudian mundur, dan pengemudi berusaha membanting kemudi menyerongkan bodi belakang ke kanan membenturkan ke tebing sebelah kanan, ketika membentur tebing bodi melintang dan bodi depan kiri membentur mobil Honda Brio AB-137-RO kemudian mobil Honda Brio  AB-1375-RO mundur membentur Mobil Honda Brio R-8763QD,” kata Reni melalui Whatsapp, Senin (16/5/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Tidak Kuat Menanjak di Jalan Imogiri-Dlingo, Mikrobus Hantam Dua Mobil di Belakangnya

Untuk itu, pihaknya menimbau semua pengemudi kendaraan khususnya kendaraan bus dan truk untuk berhati-hati saat melintas di Jalan Imogiri-Dlingo.

“Kami tetap mengimbau kepada seluruh pengendara atau wisatawan yang akan menuju ke mangunan tetap berhati-hati dan menaati tata tertib berlalu lintas. Khususnya bagi pengendara kendaraan besar seperti bus dan truk dan kendaraan transmisi manual, untuk tetap menggunakan gigi satu saat menanjak maupun menurun untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Bantul Gunawan Gunawan Setiyabudi menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi saat mikrobus bernomor polisi AB 7370 AK melaju dari arah timur atau Dlingo menuju barat atau Imogiri dengan kecepatan sedang atau mau pulang dari acara hajatan.

BACA JUGA: Kejar Ketertinggalan, PTM Terbatas di Bantul Mulai Digelar

Mikrobus yang dikemudikan oleh Lestari Widodo, 51, warga Kalurahan Trihaharjo, Kapanewon Pandak ini saat menanjak di lokasi kejadian tidak kuat menanjak.

Advertisement

Mikrobus kemudian berjalan mundur. Upaya menghentikan bus dilakukan dengan cara mengerem dan mengganal ban, namun microbus tetap mundur. Saat bersamaan di belakang Mikrobus ini melaju mobil Honda Brio AB-1375-RO yang dikemudikan oleh Andar Prasetyo, 55, warga Menggoran, Kelurahan Bleberan, Kapanewon Playen, Gunungkidul

Mikrobus menghantam Brio tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kedua mobil tersebut terus mundur dan kembali menghantam mobil Honda Brio R-8763-QD yang dikemudikan Kridha Gandhi Buwana, 21, warga Semampir, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menurut Gunawan, akibat kecelakaan tersebut mikrobus mengalami kerusakan berupa  Lampu belakang pecah dan bodi depan samping kiri tergores. Sementara Honda Brio AB-1375-RO mengalami kerusakan lampu depan samping kanan pecah bemper belakang tergores dan Honda Brio R-8763 mengalami kerusakan bemper depan retak.

Advertisement

“Kerusakan hanya materi mobil rusak ringan. Sementara penumpang semuanya selamat,” ucap Gunawan

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tarif Ojek Online Akan Ditentukan Gubernur, Begini Tanggapan Ojol

News
| Rabu, 30 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement