Advertisement

Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY

Media Digital
Kamis, 19 Mei 2022 - 06:27 WIB
Jumali
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Logo Pemuda Pancasila / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila DIY akan menggelar Musyarawah Wilayah (Muswil) VII pada Sabtu 21 Mei 2022 mendatang. Salah satu agenda dari Muswil VII ini adalah memilih Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY periode 2022-2027.

Ketua SC Muswil VII MPW Pemuda Pancasila DIY, Ganjar Tri Hantoro mengatakan salah satu agenda penting dari diselenggarakan Muswil VII adalah untuk memilih siapa Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY periode 2022-2027.

Ganjar menerangkan siapa saja bisa mendaftarkan diri menjadi Ketua MPW PP DIY. Meski demikian ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh sosok yang akan mencalonkan diri tersebut.

"Syaratnya apa saja? Paling tidak memenuhi syarat administrasi. Selain itu juga memenuhi syarat yaitu kriteria umum dan kriteria khusus," ujar Ganjar, Selasa (17/5/2022).

"Untuk syarat administrasi diantaranya adalah merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Anggota Pemuda Pancasila. Kemudian pernah mengikuti pendidikan kader utama yang diselenggarakan oleh Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila," imbuh Ganjar.

Sementara untuk kriteria umum, kata Ganjar, diantaranya ada syarat setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Kemudian juga harus memiliki integritas moral dan visioner untuk memimpin MPW Pemuda Pancasila DIY.

"Sosok yang akan mencalonkan diri juga tidak tercela atau tidak sedang terkena vonis hukuman minimal 5 tahun dari pengadilan, yang berkekuatan hukum tetap," papar Ganjar.

Ganjar merinci sosok yang akan maju sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY juga harus punya pemahaman tentang organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila. Selain itu juga tidak terkena sanksi organisasi berupa skorsing atau pemecatan, kecuali sudah mendapatkan rehabilitasi.

"Untuk kriteria khusus, Ketua Terpilih harus mendefinifkan MPC dan PAC 100% dalam kurun waktu 6 (enam) bulan menuju Pelaksanaan Muscab-Muscab tahun 2023. Apabila hal sebagaimana dimaksud pada point 1 di atas tidak dapat terpenuhi, maka Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila akan memberikan sanksi organisasi berupa Caretaker atau menunjuk Pelaksana Tugas (Plt)," tegas Ganjar.

Ganjar menambahkan untuk pendaftaran calon Ketua MPW Pemuda Pancasila akan dibuka pada 17 hingga 20 Mei 2022. "Apabila ada sosok yang merasa memenuhi semua persyaratan, silakan saja mendaftarkan diri. Silakan hubungi panitia untuk pendaftarannya," pungkas Ganjar.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Tudingan Penyelewengan Dana, Presiden ACT Angkat Bicara

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement