Advertisement

UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga

Media Digital
Kamis, 19 Mei 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga Pelatihan soal kearsipan - Ist

Advertisement

SLEMAN–Salah satu bentuk ketahanan keluarga yang berperan penting pada kelancaran tugas dan aktivitas keseharian keluarga adalah kerapian arsip. Arsip merupakan rekaman kegiatan dan peristiwa yang dibuat dari berbagai lembaga. Sayangnya, masih banyak individu dan keluarga belum melek tentang dunia kearsipan keluarga.

Melalui program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (DBLK), dosen dan mahasiswa Pendidikan Administrasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (14/5/2022), memberikan workshop literasi kearsipan keluarga terhadap alumni siswa Sekolah Calon Ayah-Ibu (SCAI). SCAI merupakan program pendidikan yang dinaungi oleh Yayasan Rumpun Nurani (RN),sebuah wadah sosial untuk belajar guna meningkatkan kualitas diri dan keluarga.

Advertisement

Dalam sambutannya, Voettie Wisataone, ketua pelaksana workshop literasi arsip berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu dalam memanajemen arsip keluarga. Kegiatan ini disambut baik oleh Ketua Yayasan RN yang diwakili oleh Deri Rizki Anggarani.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan secara daring dan penyelenggarannya berpusat di Café Kolektif. Workshop terdiri dari dua sesi dan dimoderatori oleh Nadia Sasmita Wijayanti, M.Si. Sesi pertama adalah penyampaian tentang urgensi melek kearsipan keluarga dengan narasumber Dr. Rosidah, M.Si. Dilanjutkan sesi kedua, bersama Danang Setyaramadhan, MPA. yang menyampaikan jenis-jenis arsip keluarga. Disesi ini, peserta dilatih untuk mahir mengelompokkan arsip secara manual maupun digital.

Baca juga: DPAD DIY Gelorakan Wisata Sadar Arsip Lewat Diorama Arsip Jogja

Workshop literasi arsip ini diikuti oleh 27 peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah kegiatan workshop ini berakhir, peserta akan didampingi selama satu minggu untuk merapikan arsip pribadi dan keluarga secara manual dan digital. Pendampingan ini dilaksanakan intensif melalui grup whatsapp dan didampingi langsung oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Administrasi.

“Andai saya tahu lebih awal bagaimana cara merapikan arsip keluarga, tentu ijazah SMA saya tidak akan rusak seperti sekarang!” Ujar Pipit, salah satu peserta kegiatan.

“Sangat bermanfaat! Saya mau ikut pendampingan," harap peserta lainnya Nur Rahman saat di akhir acara. *

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

Jogjapolitan | 53 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Negara yang Melegalkan Ganja Medis

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement