Advertisement

Koperasi Sasar Anak Muda, Menkop UKM: Era Digital Cocok untuk Kembangkan Koperasi

Catur Dwi Janati
Kamis, 19 Mei 2022 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Koperasi Sasar Anak Muda, Menkop UKM: Era Digital Cocok untuk Kembangkan Koperasi Teten Masduki. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Koperasi terus didorong untuk menyasar anak muda, khususnya dari kalangan milenial. Salah satunya adalah melalui pendekatan ekonomi digital. Strategi ini dinilai lebih cepat mengenalkan sistem koperasi kepada kelompok milenial.

Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki menilai ketidakpopuleran sistem koperasi di kalangan anak muda muncul lantaran banyaknya praktik koperasi yang menyimpang dari aturan.

Advertisement

"Sekarang ini memang koperasi tidak populer di kalangan anak muda. Ada bakyak praktik koperasi yang menyimpang dan juga yang kedua bisnis model koperasi ini tidak berkembang. Sehingga koperasi bukan menjadi pilihan rasional untuk berbisnis, untuk berusaha," kata dia, Kamis (19/5/2022).

BACA JUGA: Lega, Pertamina Pastikan Harga Pertalite dan Elpiji 3 Kg Tak Naik

Itulah sebabnya, Era digital, kata Teten, sangat cocok untuk mengimplementasikan sistem koperasi. Saat ini pemerintah tengah menyusun plot-plot bisnis model koperasi yang tepat untuk anak muda.

"Kami sedang mencoba membikin plotnya, bagaimana mengembangkan bisnis model koperasi dan untuk anak muda saat ini. Era ekonomi digital, era Web3, blockchain, closed loop economy itu sebenarnya cocok dengan koperasi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement