Advertisement

Sultan Minta Pengunjung Malioboro Bijak Terkait Lepas Masker

Sunartono
Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Minta Pengunjung Malioboro Bijak Terkait Lepas Masker Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harian Jogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan tak bisa melarang atau memperbolehkan masyarakat terkait pemakaian masker di ruang terbuka seperti Malioboro. Akan tetapi Sultan berharap pengunjung Malioboro Bijak dalam merespons kebijakan memperbolehkan lepas masker.

Sultan mengatakan sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat bahwa lepas masker diperbolehkan ketika di ruang terbuka. Akan tetapi untuk di ruang tertutup masih belum diperbolehkan.

Advertisement

"Pelepasan masker boleh saja kalau di tempat terbuka silahkan, tapi kalau di dalam ruangan jangan, karena kan perputaran angin udaranya belum tentu bagus," ucap Sultan, Jumat (20/5/2022).

Terkait pengunjung di kawasan Malioboro, lanjut Sultan, hal itu diserahkan kepada masing-masing pengunjung. Karena berada di ruang terbuka sudah diizinkan tentu tidak bisa serta Merta melarang.

BACA JUGA: Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM

"[Terkait pemakaian masker di] Malioboro, ya nanti tergantung dirinya dengan banyak orang pakai masker atau tidak. Kearifannya sendiri," ucapnya.

Akan tetapi Sultan berharap pengunjung Malioboro lebih bijak. Karena sampai saat ini pandemi belum dinyatakan berakhir sehingga masyarakat harus lebih waspada. Jika kawasan Malioboro terlampaui penuh maka sebaiknya menggunakan masker. Ia mengatakan pelepasan masker memang dimungkinkan, tetapi masih beresiko.

"Kalau saya, biarpun ruangan terbuka tapi kan kalau seperti Malioboro penuh ya harus dibijak, itu saja, mau copot atau dibuka karena memang dimungkinkan saja hanya karena risikonya lebih besar, karena pandemi kan masih ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buaya Australia Masuk Perairan NTT Melalui Lautan, Ini Langkah yang Diambil

News
| Rabu, 28 Februari 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement