Advertisement

3 Daerah di Jogja dengan Nama Luar Negeri

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 21 Mei 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Daerah di Jogja dengan Nama Luar Negeri Objek Wisata Kebon Empring, Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak cara dilakukan untuk memudahkan seseorang menghafalkan nama tempat. Salah satunya dengan menyingkat nama asli. 

Di Jogja, kebiasaan menyingkat nama seperti sudah biasa dilakukan warga setempat. Nama singkatan yang dimunculkan ini bahkan justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Seperti Jalan Kaliurang menjadi Jakal, Jalan Imogiri menjadi Jaim, Taman Siswa menjadi Tamsis dan masih banyak lagi. 

Advertisement

Nama-nama singkatan yang ada di Jogja ada yang mirip dengan nama kota di luar negeri. Kedengarannya pun menjadi keren. Apa saja?

1. Pyong Yang

Pyong Yang bagi warga Jogja adalah salah satu kecamatan yang ada di Bantul yakni Piyungan. Pelafalannya yang hampir sama membuat warga kerap memplesetkan Piyungan menjadi Pyong Yang. Pyong Yang adalah nama ibu kota di Korea Utara. 

2. Paris

Bukan Paris di Prancis, tetapi Parisnya Jogja adalah Parangtritis. Akronim-akronim seperti ini kerap menjebak orang-orang yang belum biasa dengan menyingkat nama. "Yuk ke Paris", "Main ke Paris Yuk".

Jika tidak tahu aslinya, kalimat ajakan seperti itu bisa ditanggapi serius. Dianggap akan ke Paris di Eropa, padahal hanya ke Jalan Parangtritis atau ke Pantai Parangtritis. 

3. Jerman

Bukan Eropa yang dimaksud. Jerman di Jogja adalah jejer Sleman (berdekatan dengan Sleman). Bisa juga Jerman jejer Kauman. 

Orang yang tinggal di dekat Sleman akan menggunakan kata "Jerman" ini saat ditanya alamat tinggal atau alamat kerjanya oleh orang lain.

Jadi, pelajari bahasa singkatan di Jogja ya agar Anda tidak terjebak.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement