Advertisement

Pilur Masih Jauh, Calon Lurah di Bantul Mulai Bergerilya Mencari Dukungan

Catur Dwi Janati
Senin, 23 Mei 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Pilur Masih Jauh, Calon Lurah di Bantul Mulai Bergerilya Mencari Dukungan Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Meski baru akan bergulir beberapa bulan kedepan, sejumlah tokoh yang bakal maju dalam ajang pemilihan lurah (pilur) atau pilkades di Bantul mulai bergerilya mencari dukungan. Padahal pendaftaran calon lurah baru dibuka Juli mendatang.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Bantul, Kurniantoro pada Senin (23/5/2022) menjelaskan mulai Mei ini sejumlah tahapan pilihan lurah mulai digulirkan. Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) di masing-masing kalurahan akan memberitahukan berakhirnya masa jabatan lurah periode 2016-2022 paling lambat 9 Mei 2022 lantas membentuk panitia pemilihan tingkat kalurahan.

Diterangkan Kurniantoro, ada 21 kalurahan yang yang bakal menggelar pilur pada 25 September 2022 nanti. Menurutnya sudah banyak calon lurah yang mulai bergerak untuk menghimpun dukungan warga. Padahal pendaftaran calon lurah baru akan dilaksanakan pada Juli nanti. "Sudah mulai ancang-ancang, sudah mulai mengumpulkan masa pendukung. Hingga sudah menyiapkan tim pemenangan, itu wajar dan sah-sah saja," terangnya.

BACA JUGA: PPKM Diwacanakan Dihapus, Begini Komentar Sultan

Masa kampanye akan dilakukan tiga hari pada waktu yang sudah ditentukan nantinya. Namun apabila ada calon lurah yang menggelar pertemuan maupun sosialisasi kepada masyarakat, kegiatan tersebut belum disebut berkampanye. Sebuah pertemuan disebut kampanye bila calon lurah sudah ditetapkan secara resmi sebagai bakal calon lurah serta menyampaikan visi dan misinya pada pertemuan tersebut.

"Enggak masalah calon lurah melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk mencari dukungan dalam pilur. Wong dalam Pilpres, Pilkada para calon juga turun ke masyarakat untuk mencari dukungan. Tidak ada aturan yang dilanggar," tandasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement