Advertisement

Kental Nuansa Indische, Begini Wajah Baru Pasar Beringharjo

Yosef Leon
Selasa, 24 Mei 2022 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Kental Nuansa Indische, Begini Wajah Baru Pasar Beringharjo Pasar Beringharjo yang sudah berganti warna. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Fasad bangunan di area Pasar Beringharjo yang semula dominan berwarna hijau, kini diubah menjadi warna putih tulang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar mengatakan, proses penataan fasad tersebut telah dimulai sejak awal Mei ini dan selesai pada 20 Mei lalu. Pengecatan ini merupakan bagian dari penataan kawasan sumbu filosofi Jogja. 

"Diserahterimakan 20 Mei lalu. Itu kan bagian dari sumbu filosofi dan kebijakan dari DIY harus dikembalikan sesuai dengan fasad zaman dulu," kata Vero, sapaan akrabnya, Selasa (24/5/2022). 

BACA JUGA: Banyak Pasokan dari Luar, Masyarakat Diimbau Selektif Pilih Hewan Kurban

Menurutnya, pada zaman Belanda, fasad Beringharjo dibuat berwarna putih tulang dengan bergaya indishce. Pengembalian fasad seperti dulu dilakukan agar pengelola pertokoan juga segera melaksanakan pengecatan bangunan dengan warna serupa. "Kami kan harus memberi contoh juga untuk mendorong toko dan yang lain agar segera bergerak," ujarnya. 

"Pengerjaan hampir dua pekan. Kami berkoordinasi dengan pedagang juga, kan mereka tidak mungkin tutup dan kami atur sebaik mungkin supaya mereka bisa tetap buka dan cat tetap dilaksanakan," ujarnya. 

Pasar Beringjharjo./Harian Jogja-Yosef Leon

Ke depan pihaknya berencana untuk menambah ornamen ikonik di depan Beringharjo untuk menambah daya tarik Pasar tersebut. Pasalnya, selama ini area depan pasar itu kerap dijadikan pengunjung untuk berfoto mengabadikan momen saat di Malioboro. 

"Prasarana prokes juga akan kami ubah bentuknya. Kami tata lagi lah, karena sekarang kan wajahnya sering digunakan untuk foto dan supaya lebih cantik lagi dengan ide kebaruan yang bisa jadi ikon di pasar Beringharjo," jelas Vero.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ingin Tahu Gaji Masinis, Segini Besar Gaji Pegawai KAI

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement