Advertisement

Ada Potensi Longsor Susulan, Warga Plampang Kulonprogo Diimbau Hati-hati

Anisatul Umah
Senin, 30 Mei 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ada Potensi Longsor Susulan, Warga Plampang Kulonprogo Diimbau Hati-hati Tanah longsor. - Istimewa/BPBD Kulonprogo.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo menyebut masih ada potensi longsor susulan di Dusun Plampang II, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Oleh karena itu warga diimbau untuk tetap hati-hati.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan banyaknya material lepas di lokasi akan terbawa air saat terjadi hujan lebat. Sehingga material longsor dimungkinkan akan menutup jalan lagi.

Advertisement

"Kalau terjadi hujan masih berpotensi longsor dan menutup jalan, karena di tebing masih banyak material lepas yang pasti longsor terbawa aliran air," ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (30/5/2022).

BPBD Kulonprogo mengimbau agar warga berhati-hati saat melintas, karena sewaktu-waktu longsor susulan masih bisa terjadi. Sampai saat ini menurutnya alat berat masih disiagakan di lokasi untuk menurunkan material lepas.

"Alat berat masih aktif di lokasi untuk berusaha menurunkan material lepas di tebing juga pembuatan saluran drainase sementara," ujarnya.

Baca juga: Longsor di Plampang II Kulonprogo Tutup Jalan, 6 Keluarga Mengungsi

Sementara akses jalan yang sempat tertutup akibat longsor sebelumnya sudah bisa dilewati, baik untuk roda dua dan roda empat. Akses jalan berhasil dibuka pada Sabtu sore, (28/05/2022).

"Sudah terbuka untuk roda dua dan roda empat. Kendala, masih banyak material lepas yang siap longsor dan menutup jalan," paparnya.

Sebelumnya longsor terjadi pada Kamis (19/5/2022) malam akibat hujan lebat yang terjadi 1 jam - 1,5 jam sekitar pukul 17.00 WIB.

Sebelum terjadi longsor, banjir yang terjadi sudah membawa material berupa lumpur dan batu. Akibatnya, gorong-gorong menjadi tertutup dan banjirnya melewati jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement