Advertisement

Kulonprogo Akan Uji Coba Bus Sekolah Tahun Depan

Anisatul Umah
Kamis, 02 Juni 2022 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kulonprogo Akan Uji Coba Bus Sekolah Tahun Depan Siswa sepulang sekolah dijemput menggunakan sepeda motor di jalan Nasional, Kamis (2/6/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dinas Perhubungan Kulonprogo akan melakukan uji coba bus sekolah pada kuartal pertama tahun 2023. Uji coba akan dilakukan menggunakan dua bus kapasitas 19 seat yang merupakan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto mengatakan sasaran uji coba akan dilakukan di seputaran kota Wates. Penekanan dari uji coba ini adalah pada keselamatan anak sekolah.

Tujuannya agar angka kecelakaan yang melibatkan anak sekolah bisa ditekan seminimal mungkin. Menurutnya ini bagian dari respon pemerintah atas dasar aspirasi warga mengenai persoalan mobilitas anak sekolah.

"Kalau stressingnya nanti pasti ke persoalan keselamatan anak sekolah. Keselamatan anak sekolah kita lihat dari data-data kecelakaan lalu lintas sebagian besar dari kalangan pelajar," ungkapnya kepada Harian Jogja ditemui di kantornya, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian

Dia menjelaskan saat ini sedang proses finalisasi untuk persiapan uji coba. Uji coba ini akan berlangsung beberapa bulan dan bus sekolah masih akan digratiskan. Setelah itu baru dilihat seperti apa respon dari masyarakat.

"Sementara dua bus, trayek masih dalam kota. Dua armada belum bisa jangkau luar Kota Wates. Pengertian Wates bukan kecamatan, tapi aglomerasi perkotaan Wates. Bisa saja sebagian Pengasih, bisa saja sebagian Temon sisi timur dan Kokap," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Kulonprogo Arif Martono mengatakan uji coba diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat sampai lima bulan. Namun ini masih dalam perencanaan.

"Iya harapannya [kuartal I]. Kalau bisa secepat mungkin," paparnya.

Dia menjelaskan kemungkinan setelah uji coba ini akan dilakukan kerjasama dengan pihak lain seperti organisasi angkutan darat (Organda) atau yang lain.

Advertisement

"Mungkin belum [pengadaan Pemda Kulonprogo] kayaknya berat mungkin kerjasama," tuturnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kena Covid, Korea Utara Salahkan Balon Udara dari Korea Selatan

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 16:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement