Advertisement

Jangan Cemas, Tempat Nyaman Pelayanan Kesehatan untuk Lansia Hadir di Sleman

Abdul Hamied Razak
Senin, 06 Juni 2022 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Jangan Cemas, Tempat Nyaman Pelayanan Kesehatan untuk Lansia Hadir di Sleman Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Fasilitas kesehatan khusus untuk kalangan lanjut usia (lansia) Taman Lansia Ceria Bethesda Yakkum dibuka di Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Senin (6/6/2022).

Fasilitas kesehatan ini disediakan khusus untuk membantu para lansia mendapatkan layanan kesehatan yang nyaman dan terpadu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Jelang Iduladha, Peternak di Sleman Galau soal Pasokan hingga Harga Naik

Direktur RS Bethesda Yakkum, Purwoadi mengatakan Taman Lansia Ceria tersebut merupakan tempat pelayanan kesehatan yang sebelumnya beroperasi sebagai Sanatorium. Di tempat ini, para lansia bisa dapat pelayanan sebagai lansia produktif.

"Ini adalah mimpi kami bersama untuk menjadikan tempat ini [Taman Lansia Ceria] tidak hanya untuk pelayanan kesehatan bagi lansia, tetapi juga menjadi taman sekaligus tempat berkegiatannya para lansia dan masyarakat sehingga warga akan merasakan manfaatnya," kata dia di sela-sela peresmian, Senin.

Purwoadi menjelaskan saat ini salah satu bangunan di area tersebut telah kembali dioperasikan. Sementara bangunan lainnya akan dilakukan renovasi tahapan pertama selama tiga bulan ke depan. Bangunan tersebut dibangun pada 1936 kemudian direnovasi tahun ini. Taman tersebut juga cocok untuk kegiatan dan layanan kesehatan bagi para lansia.

"Kami berharap ada konsep integrasi dari dinas terkait karena taman ini juga bisa menjadi paket wisata bagi lansia. Taman ini bisa menjadi senior care dan living bagi lansia. Nanti ada kegiatan yang dirancang," katanya.

Direktur Yakkum Emergecy Unit, Sari Mutia Timur mengatakan berdasarkan data pemerintah di Indonesia rasio penduduk Indonesia pada 2045 akan didominasi oleh golongan lansia yang prediksinya akan mencapai 25% dari total populasi. Saat ini populasi lansia berjumlah 29,3 juta jiwa atau sekitar 10,8% yang berusia di atas 60 tahun.

Advertisement

BACA JUGA: 2 Perwira Polisi Diduga Terlibat Penganiayaan di Klub Malam Holywings Jogja

Dari total jumlah lanjut usia tersebut, katanya, wilayah DIY menduduki jumlah lansia terbanyak yaitu 15,52%. "RAN [Rencana Aksi Nasional] Kesehatan Lanjut Usia 2020-2024 merupakan acuan bagi Pemerintah Pusat, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya peningkatan kesehatan Lansia dan mengimbau seluruh pihak terkait agar melaksanakan seluruh rencana aksi tersebut secara sinergis, terintegrasi dan koordinasi yang baik," ujarnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyambut baik diresmikannya pelayanan kesehatan Taman Lansia Ceria tersebut. Kustini menyebut diresmikannya pelayanan kesehatan ini menambah jumlah fasilitas kesehatan yang berada di wilayah Sleman.

Advertisement

"Kami berharap dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang tersedia bagi masyarakat maka masyarakat akan lebih mudah mengakses dan mendapat layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Menurut Kustini, kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat tidak hanya diwujudkan dengan ketersediaan sarana kesehatan namun kami wujudkan pula melalui jaminan kesehatan bagi masyarakat. Hingga kini, 95,79% penduduk Sleman telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

News
| Senin, 28 November 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement