Advertisement

Teras Malioboro 2 Dilengkapi Ruang Laktasi

Sirojul Khafid
Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:17 WIB
Sirojul Khafid
Teras Malioboro 2 Dilengkapi Ruang Laktasi Aman Yuriadijaya (kedua dari kiri) saat meresmikan ruang laktasi di Teras Malioboro 2, Jogja, Kamis (9/6/2022). - Ist/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja, JOGJA—Teras Malioboro 2 kini dilengkapi dengan ruang laktasi atau ibu menyusui. Ruangan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja dan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) ini tepatnya berada di sisi Barat. Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, mengatakan fasilitas ruang laktasi sebagai upaya mewujudkan wisata yang sayang ibu anak serta mencegah stanting.

Keberadaan ruang laktasi ini mempermudah para ibu menyusui anaknya secara aman dan nyaman saat berwisata di kawasan Malioboro. Kehadiran ruang ibu menyusui sebagai wujud Jogja kota wisata sayang ibu anak.

BACA JUGA: Jogja Gelut Day Buka Audisi untuk Putus Kekerasan Jalanan

Ruang menyusui di Teras Malioboro 2 bagian dari penelitian Unriyo yang didanai Pemkot Jogja. Penelitian mengangkat inovasi aplikasi Ruang Sehati dan penyediaan setting ruang menyusui publik sebagai bentuk Jogja. Salah satu tujuannya agar anak mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dan mencegah stanting.

“Kami ingin menunjukan kepada publik lebih luas tentang keseriusan Pemkot Jogja dalam pengendalian stanting. Maka di sinilah di Teras Malioboro menjadi tapak strategis,” kata Aman, Jumat (10/6).

Ruang laktasi berwujud bangunan portable berbentuk gunungan dengan ukuran 2,5 meter x 1,5 meter dan tinggi 3 meter. Di dalam ruang menyusui terdapat fasilitas tempat duduk, wastafel, tempat mengganti popok bayi, dan tempat sampah. Meskipun tertutup ada fasilitas exhaust fan untuk menjaga sirkulasi udara di ruangan tetap bersih dan segar.

Penyediaan dan spesifikasi ini merupakan hasil dari penelitian Unriyo yang didanai oleh Pemkot Jogja. Aman mengatakan ruang laktasi sebagai bentuk program pentahelix antara Pemkot Jogja yang melibatkan dunia pendidikan.

BACA JUGA: Begini Nasib Proyek Apartemen Royal Kedhaton Jogja Usai Haryadi Ditangkap

Ketua Tim Peneliti Unriyo, Giyawati Yulilania Okinarum, mengatakan pemberian ASI merupakan hak asasi bayi yang tertuang dalam Permenkes, Undang Undang Kesehatan, dan peraturan daerah. Termasuk keberadaan ruang laktasi juga diatur seperti di tempat-tempat publik seperti tempat wisata. Penelitian  inovasi itu berawal dari keresahan akan sulitnya mendapatkan ruang laktasi yang layak dan nyaman.

“Ruang laktasi di tempat wisata dibutuhkan karena cukup banyak ibu menyusui yang berwisata. Kami melakukan observasi selama empat hari saat instalasi belum selesai sudah banyak ibu menyusui yang menggunakan ruang laktasi ini,” kata Giyawati.

Advertisement

Dia menjelaskan untuk inovasi aplikasi Ruang Sehati terintegrasi dengan ruang laktasi ini. Aplikasi Ruang Sehati bisa diakses di telepon selular berisi fitur-fitur untuk mendukung ketercapaian keberhasilan ASI di Kota Jogja. Adapula fitur e-growth untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sejauh ini, penelitian masih terus berjalan.

BACA JUGA: Jangan Lupa, Besok Ada Fashion Show dalam Gua Rancang Kencana Gunungkidul

“Ada fitur yang menentukan titik-titik lokasi ruang menyusui di Kota Jogja. Yang menjadi unggulan adalah bisa berkonsultasi secara real time dengan konselor laktasi secara gratis melalui aplikasi ini,” katanya.

Advertisement

Salah seorang wisatawan sekaligus ibu menyusui, Usrifatul Janah, mengatakan, ruang laktasi itu cukup membantu para ibu menyusui saat berwisata di Malioboro. Ruang tertutup dan fasilitas yang disediakan bermanfaat bagi para ibu menyusui. “Nyaman. Dengan adanya ruang laktasi ini cukup membantu para ibu. Apalagi banyak ibu-ibu muda masih kurang nyaman menyusui di tempat terbuka,” kata wisatawan asal Madura ini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement