Advertisement

Harga Migor Curah di Bantul Masih Melambung di Atas HET

Catur Dwi Janati
Jum'at, 10 Juni 2022 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Harga Migor Curah di Bantul Masih Melambung di Atas HET Ilustrasi minyak goreng curah - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Harga minyak goreng curah terus belum stabil alias naik turun beberapa waktu terakhir di Bantul. Sempat normal di kisaran Harga Eceran Tertinggi (HET), harga minyak goreng curah naik kembali menjauhi HET.

Sekretaris Diskop UKM Perindag Bantul, Yanatun Yunadiana menerangkan harga minyak goreng curah hingga Kamis (9/6/2022) di posisi harga Rp15.000 - Rp16.000 per liter. Tapi menurut Yanatun banyak pedagang yang menjual migor curah di kisaran harga Rp16.000 per liter.

Advertisement

"Kalau dari disributornya bisa turun, pedagang berani turun. Kemarin dari distributor Rp14.000 per liter rata-rata," terangnya dikutip pada Jumat (10/6/2022).

Bila harga dari distributor saja masih tinggi, kecil kemungkinan harga migor curah yang dijual oleh para pedagang bisa sesuai HET. Sementara dalam penjualannya, banyak biaya yang dikeluarkan pedagang seperti biaya angkut, pengemasan plastik hingga minyak yang tercecer saat pengemasan.

BACA JUGA: Jembatan Kretek II di Parangtirtis Hampir Rampung

"Minyak goreng curah datangnya dari distributor itu bentuknya jirikenan 18 literan ada yang 30 liter. Itu saja masih dituang ke dalam ember, dari ember baru diwadahi plastik pakai gayung itu, minyaknya nempel, menetes dimana-mana, habis nanti. Kalau hanya Rp15.000 itu bisa rugi pedagang. Rugi plastik, rugi tenaga," tandasnya.

Beberapa waktu lalu, Yanantun mengakui bila harha minyak goreng curah mendekati HET Rp14.000 per liter. Namun pekan ini harga kembali naik. Padahal menurut Yanatun ketersediaan minyak goreng melimpah banyak.

Orang punya gawe disebutkan Yanatun banyak yang menggunakan minyak goreng curah saat ini. "Curah itu rata-rata yang menggunakan orang yang punya gawe, warung makan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement