Advertisement

Jembatan Kretek II di Parangtritis Hampir Rampung

Sunartono
Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Jembatan Kretek II di Parangtritis Hampir Rampung Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pembangunan jembatan Kretek II yang berada di Parangtritis, Kretek, Bantul menunjukkan perkembangan positif. Pengerjaan proyek ini telah mencapai 93 persen dan hanya tersisa pekerjaan minor.

Komisi C DPRD DIY melakukan inspeksi mendadak di jembatan ini pada Jumat (10/6/2022) pagi untuk melakukan pengawasan. Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin Sinaga menjelaskan dari hasil sidak tersebut rombongan tak menemukan adanya persoalan di lokasi. Justru ia melihat perkembangan pembangunan jembatan ini tergolong cepat karena saat ini sudah tersambung. Selain itu, jika sebelum dibangun banyak penambangan pasir di sekitar sungai tersebut, tetapi saat ini sudah tidak ada lagi.

"Prinsipnya proyek sudah berjalan dengan baik, penyelesaian sudah sesuai rencana. Bahkan tadi saya mendapatkan penyampaian sudah di angka 97 persen, tersisa 7 persen ini semoga bisa cepat selesai," katanya, Jumat (10/6/2022).

Ia mengatakan jika jembatan Kretek II ini sudah rampung, masih ada dua pekerjaan besar lagi untuk menyambungkan JJLS. Yaitu pembangunan jembatan Srandakan 3 yang berada di atas Sungai Progo serta Kelok 18 yang merupakan segmen JJLS untuk Kretek-Girijati.

BACA JUGA: Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan Tak Bisa Ikut Ujian karena Nunggak Biaya, Ini Tanggapan Bupati Bantul

"Kami tentu berharap pansel ini bisa tersambung sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat DIY," ujarnya.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY Muhammad Shidiq Hidayat menjelaskan pengerjaan proyek Jembatan Kretek II saat ini telah mencapai 93% sehingga yang tersisa merupakan pekerjaan minor. Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian seperti pembuatan taman atau edupark yang berada di sekitar jembatan, jalur pedestrian dan marka jalan. Adapun untuk konstruksi secara keseluruhan sudah rampung, kemudian untuk ornamen juga telah dikerjakan.

"Selain itu kami melakukan semacam uji terhadap jembatan tersebut sebelum nanti akan dioperasikan," katanya.

Ia memastikan pengerjaan proyek jembatan terdiri atas dua jalur dengan empat lajur ini sesuai target perencanaan. Meski demikian terkait waktu peresmian, ia sepenuhnya menunggu dari atasan dalam hal ini Kementerian PUPR.

"Terkait siapa juga yang akan meresmikan kami belum tahu nantinya, yang jelas pekerjaan ini hampir selesai tinggal finishing," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Bilang Begini...

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement