Advertisement

Pantai Sepanjang Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Bola Voli Pantai Tingkat Nasional

David Kurniawan
Rabu, 15 Juni 2022 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Pantai Sepanjang Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Bola Voli Pantai Tingkat Nasional Pekerja mempersiapkan arena lapangan untuk kejuaraan bola boli pantai nasional yang diselenggarakan di Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Rabu (15/6/2022)-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULPantai Sepanjang di Desa Kemadang, Tanjungsari akan menjadi tuan rumah seri pertama kejuaraan bola voli pantai nasional 2022. Rencananya even ini diselenggarakan mulai 22-26 Juni mendatang.

Ketua Panitia Pelaksanaan kejuaraan, Danang Anggoro mengatakan, kejuaan bola voli pantai nasional akan diselenggarakan dalam empat seri. Untuk seri pembuka diselenggarakan di Pantai Sepanjang mulai 22-26 Juni. Total hingga sekarang ada 40 tim putra putri dari 15 provinsi akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

“Pantai Sepanjang [Gunungkidul] menjadi pembuka. Untuk tiga seri lainnya diseenggarakan di Pacitan, Bali dan Jakarta,” kata Danang kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

BACA JUGA: Sultan Singgung Orang Tua Sewa Rumah  Dekat Sekolah Agar Lolos Zonasi PPDB

Dia menjelaskan, untuk kejuaraan ada empat kategori. Yakni empat lawan emat putra putri dan dua melawan dua putra putri. “Targetnya hanya 32 tim, tapi dikarenakan pendaftar membludak maka akan ada sesi kualifikasi,” ungkapnya.

Menurut Danang, seri nasional kejuaraan bola voli pantai sebenarnya dilaksanakan di Agustus 2021 lalu. Hanya saja, even tersebut bata terselenggara karena lonjakan kasus corona pada waktu itu. “Baru terlaksana tahun ini dan mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” katanya.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, persiapan arena kejuaraan bola voli pantai seri nasional terus dilakukan. Untuk lapangan yang disediakan ada empat tempat dan menggunakan bekas lapangan yang dulu dipergunakan untuk turnamen bola voli pantai tingkat Asia Pasific di 2015 lalu. “Masih dipersiapkan, termasuk akses keluar masuk pantai juga diperbaiki,” katanya.

Selain penyiapan lapangan, panitia juga membuat tribun terbuka untuk penonton. Adapun pembangunannya sudah selesai dan diperkirakan dapat menampung sebanyak 450 penonton.

“Kami juga bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia [PHRI] untuk menyediakan akses penginapan yang mudah bagi para atlet,” katanya.

Menurut Hary, direncanakan ada atlet nasional yang ikut dalam kejuaraan ini. Ia berharap kejuaraan tidak hanya untuk mengasah kemampuan para atlet, namun sebagai sarana pengembangan Sports Tourism di Bumi Handayani. “Akan terus dipersiapkan dan tunggu saja even lainnya,” kata dia.

Advertisement

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mendukung penuh penyelenggaraan kejuaraan ini. selain untuk pengembangan keolahragaan, juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat karena dengan even tersebut dapat menarik minat pengunjung menontonnya. “Harus jadi agenda rutin dan promosi wisata. Yang tak kalah penting juga dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Bilang Begini...

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement