Advertisement

DPD PAN Bantul Usulkan 10 Nama Capres, Ada Nama Sri Sultan HB X

Ujang Hasanudin
Minggu, 19 Juni 2022 - 18:27 WIB
Arief Junianto
DPD PAN Bantul Usulkan 10 Nama Capres, Ada Nama Sri Sultan HB X Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis berbicara dalam Rakerda DPD PAN Bantul, Minggu (19/6/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Bantul akan mengusulkan 10 nama calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk diusung pada Pemilu 2024 mendatang melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Dari 10 nama yang akan disusulkan, nama Gubernur DIY Sri Sultan HB X masuk di dalamnya. PAN menilai Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu masuk lima kriteria bakal capres dan cawapres untuk pemilu 2024 mendatang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Meluas, Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak di Bantul Tembus 1.220 Kasus

Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis mengatakan nama Sultan muncul dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PAN karena sosok yang sudah berpengalaman dan beberapa kali muncul di kancah nasional sebagai capres.

“Kita butuh sosok njawani, sosok yang kalem, tidak mudah emosional, karena bangsa indonesia bersuku-suku, harus orangnya adem, teduh dan berwawasan luas. Sultan pembawaan adem,teduh wawasan luas, dalam memimpin Jogja selama ini aman dan adem,” kata Wildan, di sela-sela Rakerda DPP PAN Bantul, Minggu (19/6/2022).

Selain nama Sri Sultan HB X, nama lainnya yang muncul dalam Rakerda PAN Bantul di antaranya adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Ketua Uumum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. PAN menilai-nama-nama tersebut yang selama ini tinggi eketabilitasnya.

“Jadi nama-nama ini elektabilitas sudah tinggi. Kami enggak mungkin mengusulkan nama-nama yang elektabilitasnya rendah, enggak akan masuk untuk bertarung tingkat nasional,” ujar Wildan.

Selain elektabilitasnya tinggi, kata Wildan, nama-nama tersebut juga memiliki lima kriteria capres-cawapres yang ingin diusung PAN. Kelima kriteria tersebut, pertama, nasionalis agamis; kedua, rekam jejak kepemimpinan yang kuat; ketiga, berpihak pada kelanjutan generasi yang artinya punya komitmen beregenarsi; keempat, semangat inovasi dan berkalaborasi, artinya punya wawasan luas untuk inovasi dalam bentuk apa pun.

Advertisement

"Serta berwawasan nusantara dan berperspektif global. Menuwut Wildan, nama-nama yang disusukan memiliki lima kriteria tersebut," kata Wildan.

BACA JUGA: Tarik Rem Terus Sampai Blong, Pemotor Sekeluarga Celaka di Cinomati

Nama-nama itu diakuinya merupakan usulan dan aspirasi dari kader tingkat bawah mulai dari Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) tingkat kalurahan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tingkat kecamatan hingga DPD Bantul. Nama-nama itu akan dikirimkan kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY. “Selanjutnya nanti akan dipilih enam nama untuk diajukan ke DPP,” ujar Wildan.

Advertisement

Sementara itu, dalam Rakerda PAN tersebut terlihat perwakilan dari Partai Golkar dan Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Bantul. Menurut Wildan, kehadiran perwakilan Golkar dan PPP dalam Rakerda PAN sebagai bentuk komitmen menjaga KIB sampai tingkat bawah.

Lebih lanjut, Wildan mengatakan menyosong pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024, DPD PAN Bantul sudah membentuk lebih dari 3.000 saksi yang nanti akan bertugas di TPS-TPS. Selain itu saat ini PAN juga mulai melakukan penjaringan calon-calon legislatif yang akan berlaga dalam Pileg 2024.

“Kami menargetkan minimal mendapatkan satu kursi di setiap daerah pemilihan di Bantul atau minimal enam kursi di DPRD Bantul, target maksimalnya bisa mendapatkan sembilan kursi” ucap dia‎

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement