Advertisement

Begini Makna Logo Hari Jadi Ke-191 Bantul 

Ujang Hasanudin
Senin, 20 Juni 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Begini Makna Logo Hari Jadi Ke-191 Bantul  Aktivitas nelayan yang biasa menjadi sajian pemandangan khas Pantai Depok, Bantul. - Instagram @pantaidepok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul meluncurkan logo hari ulang tahun atau hari jadi ke-191 Bantul di Parasamya, Senin (20/6/2022).

Peluncuran logo hari jadi Bantul ini dihadiri jajaran Fosum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bantul dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul hingga lurah.

BACA JUGA: Mantap! Grup Kasidah asal Semarang Nasida Ria Manggung di Jerman, Bawakan Lagu Perdamaian

Tema hari jadi Bantul yang akan jatuh pada 20 Juli mendatang tersebut adalah Bantul Gumregah Mewujudkan masyarakat Yang Harmonis, Sejahtera, dan Berkeadilan. Logo 191 terdiri dari warna biru yang melambangkan Laut Selatan yang indah dan simbol hidup bersih. Warna hijau melambangkan alam Bantul yang subur. Sementara warna merah melambangkan semangat warga Bantul untuk mengembangkan potensi.

Angka 191 menunjukan usia Bantul yang kaya budaya, kerajinan, dan potensi. Adapun pita merah mendadakan cinta Tanah Air serta bangkit dari pandemi dan menata kehidupan new normal.

Sekretaris Panitia HUT ke-191 Bantul Reni Mariastuti memaparkan terdapat sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilakukan sebelum puncak acara 20 Juli mendatang, di antaranya adalah  turnamen tenis lapangan antara OPD (21-23 Juni 2022). Kemudian silaturahmi ke mantan Bupati wakil Bupati Bantul (27 juni 2022) dan ziarah ke Bupati Bantul yang telah meninggal (28 juni 2022).

Ada pula lomba kebersihan di lingkungan OPD dan 17 kapanewon (1-8 Juli 2022). Selain itu, peresmian proyek seperti padat karya di Dusun Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, kemudian pemanfaatan sistem penyediaan air ,inum (SPAM) di Derman, Sumbermulyo Bambanglipuro, lalu peresmian Puskesmas Banguntapan 3 serta peresmian akes masuk kawasan industri Piyungan.

Dalam hari jadi Kabupeten Bantul juga akan digelar bakti sosial kamis 14 juli 2022 berupa donor darah di Pendopo Parasamya. Serta berbagai pementasan kesenian, seperti wayang kulit (16 Juli 2022 di lapangan Paseban) dan pentas seni lain seperti campursari di depan Pasar Bantul, pentas angguk putri di Taman Milenial. Puncak acara akan dilakukan upacara hari jadi pada Rabu 20 juli 2022 di Lapangan Trirenggo. Pada hari itu juga akan digelar lomba potensi budaya bregodo antarkapenewon.

BACA JUGA: Liburan Sekolah Tiba, Bantul Mulai Diserbu Wisatawan

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengajak kepada jajaran aparat pemerintah daerah untuk bahu membahu menampilkan kinerja yang terbaik  untuk memberikan pelayanan publik yang prima guna mewujudkan visi Bantul serta masyarakat yang berdaya dan mandiri.

Advertisement

Halim berharap rangkaian dan peringataan hari jadi ke 191 akan menjadi energi besar untuk lebih memantapkan konsep pembangunan Bantul ke depan, meletakkan sendi-sendi yang kuat dan kokoh serta mengeratkan simpul simpul ekonomi, persatuan, kebersamaan dan kerukunan di antara semua elemen masyarakat untuk terwujudnya kabupaten bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement