Advertisement

Kasus Covid-19 di Sleman Terus Naik, Warga Diminta Tingkatkan Prokes

Abdul Hamied Razak
Senin, 27 Juni 2022 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
Kasus Covid-19 di Sleman Terus Naik, Warga Diminta Tingkatkan Prokes Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kasus Covid-19 di Sleman mulai merangkak naik. Saat ini, kasus aktif Covid-19 di Sleman tembus 42 kasus. Masyarakat diingatkan kembali untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Kepala Pelaksana BPBD Sleman Makwan mengatakan saat ini kasus aktif di Sleman pada akhir pekan kemarin tercatat 42 kasus. Lima kasus dirawat di rumah sakit dan sisanya 37 kasus menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah. "Peningkatan kasus ini perlu diwaspadai masyarakat. Selain protokol kesehatan, yang belum divaksin Covid-19 silahkan vaksin," katanya, Senin (27/6/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Potensi kenaikan kasus, lanjut Makwan masih bisa terjadi mengingat sejumlah momentum yang akan dihadapi masyarakat. Selain libur sekolah, dalam waktu dekat masyarakat akan merayakan Iduladha. Selain itu, masih ada pelaksaan kuliah tatap muka dengan kedatangan mahasiswa-mahasiswa baru.

"Untuk itulah, kami tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati prokes agar kasus aktif tidak terus bertambah," katanya.

BACA JUGA: Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan

Makwan mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Pemkab Sleman tetap mempertahankan keberadaan Gedung Isolasi Terpusat (Isoter) Covid-19 di Rusunawa Gemawang. Hal ini dilakukan bila ada kasus mahasiswa dari luar daerah yang membutuhkan Isoman. 

"Kalau warga biasanya sudah bisa Isoman di rumah. Warga sudah pandai untuk mengantisipasi penularan. Kalau mahasiswa yang indekos bisa jadi membutuhkan Isoter," katanya. 

Berdasarkan dana Satgas Covid-19 Sleman jumlah kasus aktif Covid-19 pada 17 Juni tercatat hanya 15 kasus. Selama 10 hari terakhir, angkanya terus bergerak tembus hingga 40 kasus. Adapun capaian vaksinasi Covid-19 per 22 Juni untuk booster baru menyentuh 37,17%, dosis kedua 94,0% dan dosis pertama 101,2%. "Peningkatan booster terus berjalan dan masih berjalan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Khamidah Yuliati.

Advertisement

Yuli mengatakan, Dinkes terus mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 varian BA.4 dan BA.5. Selain tetap mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prokes, Dinkes juga terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi booster. "Kami juga meminta masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan baik dan benar," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement