Advertisement

Seleksi Bawaslu DIY, 87 Orang Lolos Seleksi Administrasi

Triyo Handoko
Rabu, 13 Juli 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Seleksi Bawaslu DIY, 87 Orang Lolos Seleksi Administrasi Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu DIY saat memberikan penjelasan terkait dengan pembukaan pendaftaran, Kamis (16/6/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Seleksi anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) DIY periode 2022-2027 memasuki babak baru.

Sebanyak 87 peserta telah lolos tahap administratif dari total pendaftar yang mencapai 94 orang. Peserta yang lolos akan mengikuti tes tulis dan psikologi.

BACA JUGA: Bangun Literasi Nasional, Jutaan Buku Didistribusikan ke Indonesia Timur

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu DIY, Mada Sukmajati menyebut pendaftar memiliki latar belakang yang beragam. “Ada peningkatan pendaftar anggota Bawaslu DIY dari periode sebelumnya yang 77 pendaftar sekarang 94 pendaftar,” katanya, Rabu (13/7/2022).

Mada menyebut keberagaman pendaftar anggota Bawaslu DIY dari kalangan difabel dan perempuan cukup meningkat. “Periode ini ada satu pendaftar difabel yang mengikuti seleksi ini,” ujarnya.

Dominasi laki-laki masih tinggi, lanjut Mada, dalam proses pendaftaran. Total persentase laki-laki ada 74% sedangkan perempuan 24%. Sementara kelompok umur 35-40 tahun jadi yang terbanyak dengan 32%.

Untuk komposisi latar belakang pendidikan pendaftar, jelas Mada, pada jenjang strata satu ada 62 orang, strata dua sebanyak 33 orang, dan strata tiga hanya satu orang.

“Keputusan seleksi administratif sudah final dengan kami sahkan lewat sidang pleno kemarin [Selasa, 12/7/2022],” jelasnya.

BACA JUGA: Viral Penumpang Kereta Api Protes, Naik Fajar Utama dapat Gerbongnya Begini...

Antusiasme masyarakat dalam seleksi anggota Bawaslu, lanjut Mada, pertanda masih sehatnya demokrasi berjalan. “Sejak awal Timsel memang menyosialisasikan seluas mungkin agar masyarakat luas dapat berpartisipasi dan kami juga berkomitmen untuk menjamin setiap bentuk partisipasi masyarakat sebagai hak-hak mereka,” tuturnya.

Advertisement

Soal independensi seleksi, kata Mada, Timsel bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Jadi kami tidak melakukan seleksi sendiri, kami juga dibantu Polri nanti untuk tes psikologi,” katanya.

Masyarakat dapat menyampaikan tanggapan terhadap pendaftar yang sudah dinyatakan lolos administratif, jelas Mada, melalui surel, surat, atau mendatangi sekretariat Timsel langsung. “Kami sangat terbuka terhadap masukan masyarakat luas,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement