Advertisement

Turun Cuma Rp5.000, Segini Harga Cabai di Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Rabu, 13 Juli 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Turun Cuma Rp5.000, Segini Harga Cabai di Kulonprogo Ilustrasi pedagang cabai di Pasar Wates. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Meski telah turun beberapa ribu rupiah, harga cabai di Kulonprogo dinilai tetap tinggi. Diprediksi harga cabai akan terus turun seiring dengan menurunnya permintaan konsumen.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Industri Kulonprogo, Endang Zulywanti mengatakan pekan ini harga cabai memang turun. Berdasarkan data SiKepoku, harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting turun sebesar Rp5.000 menjadi Rp85.000 per kilogram untuk cabai rawit merah dan Rp82.500 per kilogram untuk cabai merah keriting.

Advertisement

"Pastinya, permintaan cabai sudah mulai berkurang, enggak kaya sebelumnya. Beberapa hari lalu itu itu harganya seperti hukum pasar, kalau banyak permintaan, otomatis harganya naik," kata dia, Rabu (13/7/2022)

BACA JUGA: Pelajar Jalan Kaki Tewas Ditabrak Mobil di Jalan Wates

Diakui Endang, meski sudah turun beberapa ribu rupiah, harga cabai rawit merah maupun merah keriting terbilang masih tinggi. Menurutnya harga cabai akan turun ke arah normal saat panenan cabai makin banyak.

"Banyak permintaan jadi harga cabai mahal banget, selain memang karena musim juga yang banyak mengakibatkan hama di cabai," ujarnya.

Dari penuturan Endang saat ini sejumlah petani mulai kembali menanam cabai. "Sudah banyak yang menanam katanya ini, sekarang sudah mulai petani kami mulai menanam cabainya, semoga besok juga tidak banyak hama lagi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tolak Biaya Haji Naik, Buruh Bakal Demo Besar pada 6 Februari

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement