Advertisement

Biasanya 1 Jam Lebih, Kontraktor Klaim Kota Jogja-YIA lewat Jalan Tol Hanya Setengah Jam

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Juli 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Biasanya 1 Jam Lebih, Kontraktor Klaim Kota Jogja-YIA lewat Jalan Tol Hanya Setengah Jam Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Keberadaan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) diyakini bakal memperlancar perjalanan dari Kota Jogja menuju bandara Kulonprogo.

Hal itu disampaikan Kontraktor pembangunan tol Jogja-YIA PT Jogjasolo Marga Makmur, saat beraudiensi dengan Pemkab Kulonprogo, Kamis (15/7/2022).

Direktur PT Jogjasolo Marga Makmur menyatakan adanya jalan tol Jogja ke YIA Kulonprogo akan sangat membantu konektivitas dan kelancaran lalu lintas dari dan menuju ke bandara.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Diperkirakan Pristi ada banyak waktu yang bakal dipangkas dengan adanya Tol Jogja-YIA. "Kalau nanti sudah jadi, insyaallah dari Jogja sampai sini mungkin hanya setengah jam sudah nyampai sini," katanya, Kamis (15/7/2022).

Saat lalu lintas ramai, jarak yang ditempuh dari Kota Jogja sampai Bandara YIA bisa lebih dari satu jam.

BACA JUGA: Jadi Korban Calo PHL Dispar Bantul, 2 Orang Diminta Bayar Rp50 Juta

Dikatakannya rencana pembangunan Tol Jogja-YIA Kulonprogo masih dalam proses Izin Penetapan Lokasi (IPL). "Mudah-mudahan Izin Penetapan Lokasi yang dikeluarkan pak Gubernur [Gubernur DIY] itu bisa segera turun. Memang semua butuh proses," terangnya.

Bila proses IPL rampung, maka sosialiasi kepada masyarakat akan dilakukan. Selanjutnya masuk proses appraisal atau penilaian harga lahan, pembebasan, pembayaran dan beberapa proses lain juga akan digulirkan setelahnya.

"Total di Kulonprogo ini ada enam Kapanewon [kecamatan]. Kalau bicara desanya itu 17 desa, ini yang ada di Kulonprogo. Ini baru draf-nya tapi pastinya setelah ada IPL, estimasinya ini lah kira-kira," tandasnya.

Advertisement

Pristi menerangkan secara umum jalan tol yang akan dibangun sama dengan jalan tol lainnya. "Jalan tol itu ya kita bikin dengan jalan bebas hambatan dengan lebar dua lajur masing-masing lajur ada dua jalur lah," jelasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banyak Warga Kabur Setelah Seruan Mobilisasi ke Ukraina, Rusia Tak Akan Tutup Perbatasan untuk Cegah Eksodus

News
| Selasa, 27 September 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement