Advertisement

Biasanya 1 Jam Lebih, Kontraktor Klaim Kota Jogja-YIA lewat Jalan Tol Hanya Setengah Jam

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Juli 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Biasanya 1 Jam Lebih, Kontraktor Klaim Kota Jogja-YIA lewat Jalan Tol Hanya Setengah Jam Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Keberadaan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) diyakini bakal memperlancar perjalanan dari Kota Jogja menuju bandara Kulonprogo.

Hal itu disampaikan Kontraktor pembangunan tol Jogja-YIA PT Jogjasolo Marga Makmur, saat beraudiensi dengan Pemkab Kulonprogo, Kamis (15/7/2022).

Advertisement

Direktur PT Jogjasolo Marga Makmur menyatakan adanya jalan tol Jogja ke YIA Kulonprogo akan sangat membantu konektivitas dan kelancaran lalu lintas dari dan menuju ke bandara.

Diperkirakan Pristi ada banyak waktu yang bakal dipangkas dengan adanya Tol Jogja-YIA. "Kalau nanti sudah jadi, insyaallah dari Jogja sampai sini mungkin hanya setengah jam sudah nyampai sini," katanya, Kamis (15/7/2022).

Saat lalu lintas ramai, jarak yang ditempuh dari Kota Jogja sampai Bandara YIA bisa lebih dari satu jam.

BACA JUGA: Jadi Korban Calo PHL Dispar Bantul, 2 Orang Diminta Bayar Rp50 Juta

Dikatakannya rencana pembangunan Tol Jogja-YIA Kulonprogo masih dalam proses Izin Penetapan Lokasi (IPL). "Mudah-mudahan Izin Penetapan Lokasi yang dikeluarkan pak Gubernur [Gubernur DIY] itu bisa segera turun. Memang semua butuh proses," terangnya.

Bila proses IPL rampung, maka sosialiasi kepada masyarakat akan dilakukan. Selanjutnya masuk proses appraisal atau penilaian harga lahan, pembebasan, pembayaran dan beberapa proses lain juga akan digulirkan setelahnya.

"Total di Kulonprogo ini ada enam Kapanewon [kecamatan]. Kalau bicara desanya itu 17 desa, ini yang ada di Kulonprogo. Ini baru draf-nya tapi pastinya setelah ada IPL, estimasinya ini lah kira-kira," tandasnya.

Pristi menerangkan secara umum jalan tol yang akan dibangun sama dengan jalan tol lainnya. "Jalan tol itu ya kita bikin dengan jalan bebas hambatan dengan lebar dua lajur masing-masing lajur ada dua jalur lah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement